Skip to main content

Destinasi Wisata Favorit Di Indonesia

Pariwisata Indonesia – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa Destinasi Wisata Populer di Indonesia. Perlu kalian ketahui bahwa Luas wilayah Indonesia sekitar 5.194.143 km². Dan dua pertiga dari luas wilayah Indonesia berupa lautan. Letak Astronomis Indonesia berada pada 6˚LU – 11˚LS dan 95˚BT – 141˚BT. Batas Negara Indonesia yaitu di Sebelah Utara Laut Cina Selatan serta Samudra Pasifik, di Sebelah Timur Papua Nugini, di Sebelah selatan Samudra Hindia, dan di Sebelah barat Samudra Hindia. Untuk tujuan Destinasi Wisata, Indonesia memiliki tempat-tempat tujuan wisata yang sangat menarik dan sudah terkenal di kalangan para wisatawan dunia, banyak tujuan-tujuan tempat wisata favorit yang menjadi primadona.
http://ayokitarekreasi.blogspot.com
Beberapa Destinasi Wisata Di Negara Indonesia

Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan informasi mengenai Destinasi Wisata Populer yang layak untuk kalian masukan ke bukcet list tujuan wisata kalian di saat libur akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kepulauan Derawan terletak tidak jauh dari daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan beberapa pulau yang paling terkenal adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Berlibur di Pulau Derawan ini akan membuat kalian merasa sedang berada di nirwana. Sinar matahari yang hangat menyirami pantai berpasir putih, laut yang biru jernih, dan lambaian pohon kelapa yang tertiup angin. Perairan di Kepulauan Derawan ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Kalian dapat menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Perairan Kepulauan Derawan menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia. Selain menyelam, di sini kalian juga bisa melakukan aktivitas snorkeling, naik banana boat, berenang bersama pari manta, mengunjungi penangkaran penyu, dan mengunjungi danau ubur-ubur stingless.
  • Danau Kelimutu merupakan danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, yaitu gunung berapi di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau Kelimutu ini dikenal juga dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki warna air yang berbeda-beda, yaitu merah, biru, dan putih. Masyarakat setempat percaya bahwa danau ini dihuni oleh roh-roh. Warna-warna di Danau Kelimutu kerap berubah dari waktu ke waktu dan apabila warna danau berubah, masyarakat setempat percaya bahwa akan ada sesuatu yang besar terjadi. Danau Kelimutu ini terletak di kawasan Taman Nasional Kelimutu. Untuk bisa melihat Danau Kelimutu, kalian harus melakukan trekking sejauh 15 km terlebih dahulu. Danau Kelimutu biasanya diselimuti kabut. Maka, waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Kelimutu adalah pada dini hari sembari menantikan matahari terbit. Pemandangannya sungguh luar biasa.
  • Mandalika merupakan tempat perlindungan alam yang merupakan salah satu tempat di dunia yang paling unik. Sebuah tempat di mana seni dan budaya lokal yang dirayakan dan berdiri sebagai alat abadi untuk belajar dan menemukan tentang budaya Lombok. Mandalika yang berada di NTB ini menjadi prioritas kunjungan wisatawan. Pasalnya di kawasan ini tengah dibangun resort bertaraf internasional. Tidak hanya itu, untuk mendukung aktivitas pariwisata, kawasan ini juga telah dibangun infrastruktur yang memudahkan wisatawan.
  • Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 2002, dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang; yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Gugusan terumbu karang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai. Di samping keindahan yang disajikan oleh beraneka ragam terumbu karang, taman tersebut juga memiliki ragam spesies ikan. Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias.
  • Anak Gunung Krakatau yang terletak di Selat  Sunda merupakan destinasi wisata Indonesia yang mendunia. Di tahun 1927, atau 40 tahun setelah Gunung Krakatau meletus, muncullah gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau dari kawasan kaldera yang masih aktif dan bertambah tinggi sekitar 20 inchi setiap bulannya. Saat ini ketinggian Anak Krakatau sudah mencapai sekitar 230 mdpl. Kawasan Anak Krakatau ini menjadi tempat wisata yang menarik karena kita bukan hanya bisa mendaki Anak Gunung Krakatau. Kita juga dapat melihat keindahan pantai dan menyelami surga bawah laut di perairan pulau-pulau sekitar Krakatau, yaitu di Pulau Sebuku Besar dan di perairan Gunung Rakata, Lagoon Cabe. Di Pulau Umang-umang, kalian dapat menikmati keindahan pantai berpasir putih dengan batu-batu karang. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Cagar Alam Krakatau untuk mengunjungi Anak Gunung Krakatau.
  • Taman Laut Bunaken merupakan salah satu taman laut terindah di Indonesia. Bunaken berada di Teluk Manado, di utara Pulau Sulawesi. Taman laut di sekitar Bunaken menjadi bagian dari Taman Nasional yang juga termasuk laut sekitar Pulau Manado Tua. Taman Laut Bunaken yang didirikan pada tahun 1991 ini merupakan salah satu taman laut pertama di dunia. Taman Laut Bunaken menjadi situs warisan dunia sejak tahun 2005. Perairan Bunaken menjadi rumah bagi sekitar 390 species coral, ikan hiu, mandarin fish, ikan pari, kuda laut, kura-kura, mamalia laut seperti ikan duyung (dugong), dan moluska. Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.
  • Pulau Morotai merupakan titik penyelaman terbaik di dunia. Hal ini mengacu pada kekayaan bawah lautnya, dengan lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahannya yang menakjubkan. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau. Semuanya luar biasa indah, dengan perairan jernih berwarna biru tua. Biota lautnya tak terhingga, hidup di antara terumbu karang yang terawat dan bekas-bekas reruntuhan kapal. Keindahan alam Pulau Morotai tidak hanya tercermin lewat bawah lautnya saja, tapi juga di daratannya. Hamparan pasir putih yang luas siap memanjakan mata siapa pun yang menginjakkan kaki di atasnya. Panorama matahari terbit dan tenggelam menjadi salah satu momen paling dinanti oleh wisatawan.
  • Labuhan Bajo merupakan sebuah labuhan kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tempat ini merupakan pintu gerbang menuju tempat wisata terkenal lainnya yaitu Pulau Komodo dan pulau-pulau lainnya seperti Pulau Rinca atau Pink Beach.
  • Danau Toba merupakan sebuah Danau Vulkanik sepanjang 100 km dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan Danau Terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara yang ditengahnya terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.
  • Jalan Malioboro, Yogyakarta merupakan tujuan wisata Indonesia yang sudah mendunia. Keunikan dan kekayaan budayanya sungguh mempesona, ditambah dengan keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Jalan Malioboro. Di sepanjang Jalan Malioboro, pengunjung dapat berbelanja, membeli barang khas Jogja, dan berwisata. Ada juga Candi Prambanan, Candi Hindu yang dibangun sejak abad ke-9. Ada juga Gurun Pasir Parangkusumo yang mengingatkan kita akan Gurun Sahara, Taman Sari, dan Keraton Yogyakarta.
  • Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Di Taman Nasional Baluran, kalian dapat menjumpai savana terluas di Pulau Jawa. Di musim kering, pohon-pohon akan meranggas dan rerumputannya pun menguning. Suasananya terasa lebih “afrika” saat kalian menyaksikan ratusan rusa berlarian menuju kubangan air. Selain rusa, hewan-hewan lain yang hidup di Taman Nasional Baluran adalah banteng jawa, kerbau liar, kijang, rusa, kucing bakau, macan tutul, lebih dari 200 jenis burung, termasuk satwa endemik seperti elang jawa. Untuk kekayaan flora, di Taman Nasional Baluran kalian dapat menjumpai pepohonan khas Baluran mirip pohon pinang dan pohon bekol yang mirip beringin.
  • Pantai Tanjung Kelayang di Pulau Belitung ini terkenal dengan tempat wisata pantainya yang indah dan eksotis. Pantai yang terletak di Kecamatan Sijuk yang berjarak 27 km dari kota Tanjungpandan. Pantai seluas 60 hektare ini memiliki pemandangan pantai yang sangat indah. Di pantai ini kalian juga bisa bermain kayak dan snorkeling. Tidak hanya itu saja, di pantai ini juga terdapat Kelayang Beach Cottage dan Kelayang Resto.
  • Kepulauan Seribu merupakan Taman Nasional Laut dengan luas wilayah sekitar 107.489 hektare serta sekitar 44 pulau masuk kedalam Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Taman Laut ini terletak di Utara Kota Jakarta. Di tempat ini kalian juga dapat melakukan kegiatan snorkeling, berenang atau menyelam sambil menikmati pemandangan pantai yang sangat eksotis dan menakjubkan.
  • Goa Gong merupakan goa terindah di Asia Tenggara. Goa Gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kabupaten Pacitan, sebelah barat daya Provinsi Jawa Timur. Goa Gong yang memiliki kedalaman goa sepanjang 256 meter ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang sudah berusia ratusan tahun. Goa ini dinamai Goa Gong karena masyarakat lokal sering mendengar suara gema tabuhan seperti suara gong dari dalam goa. Suara tersebut merupakan hasil dari pantulan tetesan air alami goa yang menimpa batuan stalaktit dan stalagmit di dalam goa. Saat menyusuri Goa Gong, kalian akan diajak menelusuri tangga, menyaksikan pemandangan di dalam goa, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk danau kecil.
  • Kawah Ijen merupakan danau kawah dari Gunung Ijen yang berada di Bondowoso, Jawa Timur. Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia dengan dinding kaldera setinggi 300-500 meter dan luas kawahnya mencapai 5.466 hektar. Derajat keasaman Kawah Ijen ini bahkan dapat melarutkan tubuh manusia. Suhu air kawahnya sendiri mencapai 200 derajat celcius. Di Kawah Ijen, kalian juga dapat melihat fenomena api biru (blue fire) di mana gas keluar dari tanah bertemu dengan oksigen. Fenomena api biru ini hanya dapat ditemui di Indonesia dan di Islandia. Fenomena api biru dapat dilihat pada dini hari sampai pukul 05.00 pagi.
  • Pantai Tanjung Lesung merupakan sebuah wisata pantai yang sangat indah dan menakjubkan yang terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Pantai seluas 1.500 hektare ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat bersih dan alami yang sangat cocok untuk kalian berjemur, berenang atau melakukan kegiatan olahraga pantai lainnya. Dengan ombaknya yang tidak terlalu besar memungkinkan untuk kalian bermain jetsky, snorkeling, berperahu atau memancing.
  • Candi Borobudur merupakan sebuah Candi Budha terbesar di dunia yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa yang didirikan sekitar abad ke-8 pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur merupakan mahakarya seni rupa Buddha Indonesia, sebagai contoh puncak pencapaian keselarasan teknik arsitektur dan estetika seni rupa Buddha di Jawa. Bangunan ini diilhami gagasan dharma dari India, antara lain stupa, dan mandala, tetapi dipercaya juga merupakan kelanjutan unsur lokal; struktur megalitik punden berundak atau piramida bertingkat yang ditemukan dari periode prasejarah Indonesia. Sebagai perpaduan antara pemujaan leluhur asli Indonesia dan perjuangan mencapai Nirwana dalam ajaran Buddha.
  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan taman nasional di Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha. Di kawasan ini terdapat kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Batas kaldera lautan pasir itu berupa dinding terjal, yang ketinggiannya antara 200-700 meter. Taman nasional ini adalah salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Dengan adanya penerbangan langsung Malang-Jakarta dan Malang-Denpasar diharapkan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik akan semakin meningkat. Selain Gunung Bromo yang merupakan daya tarik utama, Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Demikian informasi yang bisa Ayo Kita Rekreasi berikan mengenai beberapa Destinasi Wisata Favorit yang terdapat di Indonesia, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Pantai Di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Pantai Di Kalimantan Timur – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Perlu kalian ketahui bahwa pesisir pantai di pulau yang terlewati garis khatulistiwa memiliki keindahan pantai tersendiri. Dan tidak dapat di pungkiri jika pantai-pantai yang terdapat di Wilayah Kalimantan Timur tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai Beras Basah, salah satu Destinasi Pantai yang ada di Wilayah Kalimantan Timur. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi akan memberikan informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang layak untuk kalian masukan ke bucket list tujuan wisata pantai di akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut : Pantai Nipah-Nipah terletak di kilometer 6 kelurahan Kelurahan Nipah-Nipah Jalan Poros Penajam dan di tepi jalan Coastal Road. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pa

Tempat Wisata Di Tegal

Destinasi Wisata Kota Di Tegal – Ayo Kita Rekreasi  kali ini ingin memberikan beberapa Destinasi Wisata Kota yang terdapat di Tegal. Berhubung Kota Tegal berada di Wilayah Pantai Utara, jadi terdapat beberapa Destinasi Pantai yang layak untuk kalian kunjungi, selain Destinasi pantai, di Kota Tegal juga terdapat wisata alam yang sangat menarik. Beberapa Destinasi Wisata Kota Tegal. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan rekomendasi tujuan wisata yang terdapat di Kota Tegal yang kini menjadi tempat populer pengunjung yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, diantaranya adalah sebagai berikut : Curug Putri Tegal merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter. Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak kalah keren dengan wisata air terjun y

Wisata Hutan Mangrove Jakarta

Taman Alam Hutan Mangrove  — Ayo Kita Rekreasi berpendapat bahwa saat ini Taman Wisata Alam memang menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik bagi para wisatawan yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta. Siapa yang mengira bahwa di  Jakarta juga terdapat kawasan wisata alam hutan Mangrove yang selain memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari abrasi dan dampak lingkungan, juga bisa menjadi tempat wisata alam yang menyuguhkan kesejukan alam hutan mangrove yang akan menjadi penyegar di tengah kemacetan aktivitas Ibukota Jakarta. HUTAN MANGROVE DI JAKARTA Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan salah satu kawasan konservasi alam yang berekosistem mangrove. Dengan luas areal sekitar 99,82 hektar dengan vegetasi utama berupa pepohonan mangrove atau yang biasa dikenal dengan hutan bakau. Di kawasan Hutan Mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk) para wisatawan atau pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan hijau dari hutan mangrove yang lebat. Keberadaan hut