Skip to main content

Wisata Hutan Mangrove Jakarta

Taman Alam Hutan Mangrove — Ayo Kita Rekreasi berpendapat bahwa saat ini Taman Wisata Alam memang menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik bagi para wisatawan yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta. Siapa yang mengira bahwa di  Jakarta juga terdapat kawasan wisata alam hutan Mangrove yang selain memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari abrasi dan dampak lingkungan, juga bisa menjadi tempat wisata alam yang menyuguhkan kesejukan alam hutan mangrove yang akan menjadi penyegar di tengah kemacetan aktivitas Ibukota Jakarta.
Hutan Mangrove Jakarta
HUTAN MANGROVE DI JAKARTA
Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan salah satu kawasan konservasi alam yang berekosistem mangrove. Dengan luas areal sekitar 99,82 hektar dengan vegetasi utama berupa pepohonan mangrove atau yang biasa dikenal dengan hutan bakau. Di kawasan Hutan Mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk) para wisatawan atau pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan hijau dari hutan mangrove yang lebat. Keberadaan hutan mangrove ini selain berfungsi sebagai pencegahan erosi pantai di sekitar Jakarta dan tempat konservasi mangrove, juga berfungsi sebhagai wisata alam dan edukasi bagi para wisatawan untuk lebih mengenal tumbuhan mangrove dan penyelamatan lingkungan.

Di wisata ini para wisatawan juga bisa berpartisipasi dalam menjaga alam dengan mengikuti kegiatan penyemaian atau pun berbagai kegiatan konservasi lainnya di lokasi Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk ini. Begitu masuk lokasi Taman Wisata Alam Angke Kapuk pengunjung akan bisa melihat pemandangan hijau hutan mangrove yang rimbun. Sebuah jalan yang dibuat dari kayu dan bambu akan mengantar para wisatawan untuk berkeliling menikmati suasana sejuk hutan mangrove.

Selain itu pengunjung juga bisa berkeliling di kawasan hutan mangrove ini dengan menggunakan boat yang bisa ditumpangi 6 hingga 8 orang, tentunya juga ada tarif khusus untuk biaya sewa boat nya. Dan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam dan menginap di lokasi wisata ini sudah disediakan fasilitas yang memadai dengan pilihan camp ground ataupun villa. Cukup menarik pastinya belibur ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini selain bisa menikmati udara segar ditengah kepadatan kota jakarata, kita juga bisa mengenal lebih dekat dengan alam serta belajar mengenai pelestarian alam di Hutan mangrove ini. Sangat bagus juga sebagai wisata edukasi untuk anak-anak anda sehingga bisa belajar lebih dini tentang pentingnya hutan mangrove terhadap lingkungan.

Dengan pemandangan yang indah memang menjadi hal wajib untuk berfoto-foto ria, namun di Lokasi wisata ini dilarang untuk membawa kamera, jadi yang ingin berfoto-foto ria hanya diperkenankan untuk menggunakan kamera HP saja. Dan tidak tanggung-tanggung bahwa denda atau sangksi jika ketahuan membawa kamera (kamera saku, DSLR, dan sejenisnya) akan dikenakan denda 1 juta rupiah.

Daftar Tarif di Kawasan Taman Hutan Mangrove :

  • Harga Tiket Masuk Wisatawan Lokal : Rp 25.000,00
  • Harga Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara : Rp 250.000,00
  • Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 (motor) : Rp 5.000,00
  • Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 (mobil) : Rp 10.000,00
  • Biaya Parkir Kendaraan Roda 6 (Bus) : Rp 50.000,00
  • Biaya Tarif Naik Perahu : Rp 250.000,00- / perahu (6 orang).
  • Biaya Tarif Naik Perahu : Rp 350.00000,- / perahu (8 orang).
  • Biaya Tarif Naik Perahu Dayung/kano : Rp 100.000,00- / 45 menit.
  • Biaya sewa rumah tenda (Camping Rumah tenda (camping ground) di atas tanah: Rp 300.000,00/ malam, kamar mandi luar, max 2 orang.
  • Biaya sewa Rumah tenda di atas air tanpa AC: Rp 450.000,00/ malam, kamar mandi luar, max 2 orang.
  • Biaya sewa Rumah tenda di atas air dengan AC: Rp 600.000,00/ malam, kamar mandi luar, max 2 orang.
  • Biaya sewa penginapan Villa bervariasi, mulai dari Rp 1.300.000,00 hingga Rp 6.000.000,00 per malam.

Akses Menuju Taman Wisata Alam Angke pengguna kendaraan pribadi :
→Dari arah Tol Bandara Soekarno-Hatta, keluar Tol arah Kapuk Muara-Pantai Indah Kapuk arah Waterboom-Golf & Garden House-Sekolah Tzu Chi

→Dari tol Pluit keluar Muara Karang masuk Pantai Indah Kapuk-Rumah Sakit PIK-Waterboom-Golf & Garden House-Sekolah Tzu Chi.

→Dari tol JORR Lingkar Barat keluar Pantai Indah Kapuk belok kiri lewat Golf & Garden House-Sekolah tzu Chi.

Akses Menuju Taman Wisata Alam Angke pengguna kendaraan umum :
→Naik bus transjakarta sampai halte Monas atau Kota terus ganti naik BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) yang arah PIK, turun di Yayasan Budha Tzu Chi dan ikuti papan petunjuk menuju Taman Wisata Alam.

→Naik bus transjakarta yang arah Pluit (koridor 12) turun di halte penjaringan (1 halte sebelum halte Pluit), sambung naik angkot B01 jurusan Muara Karang, turun di Pizza Hut Muara Karang, sambung lagi naik angkot U11 jurusan PIK, turun di Yayasan Budha Tzu Chi dan ikuti papan petunjuk menuju Taman Wisata Alam.

Alamat Taman Wisata Alam Angke Kapuk :
Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Jakarta, Indonesia.

Telpon: 02129033066, 02129033055, 0811804579
Fax: 02129033077 / Buka (Operational hour) : 07:00 – 19:00

Demikian informasi yang bisa Ayo Kita Rekreasi berikan, semoga artikel ini bisa menjadi gambaran untuk Anda berekreasi ke Wisata Hutan Mangrove Jakarta.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel. Serta jangan memasukan link hidup atau mati di dalam komentar. Info lebih lanjut hubungi kami lewat email di felly050788@gmail.com

Popular posts from this blog

Wisata Pantai Di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Pantai Di Kalimantan Timur – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Perlu kalian ketahui bahwa pesisir pantai di pulau yang terlewati garis khatulistiwa memiliki keindahan pantai tersendiri. Dan tidak dapat di pungkiri jika pantai-pantai yang terdapat di Wilayah Kalimantan Timur tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai Beras Basah, salah satu Destinasi Pantai yang ada di Wilayah Kalimantan Timur. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi akan memberikan informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang layak untuk kalian masukan ke bucket list tujuan wisata pantai di akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut : Pantai Nipah-Nipah terletak di kilometer 6 kelurahan Kelurahan Nipah-Nipah Jalan Poros Penajam dan di tepi jalan Coastal Road. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pa

Tempat Wisata Di Tegal

Destinasi Wisata Kota Di Tegal – Ayo Kita Rekreasi  kali ini ingin memberikan beberapa Destinasi Wisata Kota yang terdapat di Tegal. Berhubung Kota Tegal berada di Wilayah Pantai Utara, jadi terdapat beberapa Destinasi Pantai yang layak untuk kalian kunjungi, selain Destinasi pantai, di Kota Tegal juga terdapat wisata alam yang sangat menarik. Beberapa Destinasi Wisata Kota Tegal. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan rekomendasi tujuan wisata yang terdapat di Kota Tegal yang kini menjadi tempat populer pengunjung yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, diantaranya adalah sebagai berikut : Curug Putri Tegal merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter. Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak kalah keren dengan wisata air terjun y

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

Kebun Raya Ragunan — Ayo Kita Rekreasi kembali ingin memberikan informasi tentang destinasi wisata yang terdapat di daerah Jakarta. Kebun Binatang Ragunan, berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menempati tanah seluas 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan mempunyai banyak koleksi satwa. Setidaknya ada 295 spesies dengan 4040 spesimen. LOKASI DI KEBUN BINATANG RAGUNAN Apa saja yang ada di kebun binatang ragunan ? Berikut ini Ayo Kita Rekreasi beritahukan tentang apa saja yang ada di lokasi wisata kebun binatang ragunan : Taman Refleksi Tak banyak orang yang tahu bahwa di Kebun Binatang Ragunan terdapat satu jenis fasilitas atau tempat yang memang khusus disediakan untuk refleksi. Namanya adalah Taman Refleksi. Taman ini terletak di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Taman Refleksi berbentuk sebuah taman yang memiliki batu-batuan yang memang dirancang khusus untuk refleksi. Ingin ke Taman Refleksi paling pas dikunjungi pada pagi atau sore hari. Para pengunjung