Skip to main content

Air Terjun Sawangan Karangduwur

Air Terjun Sawangan — Ayo Kita Rekreasi kembali memberikan informasi tentang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, kali ini mengenai Wisata Alam Air Terjun Sawangan Karangduwur yang berlokasi di Desa Karangduwur, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. 7°45′24″LS 109°23′54″BT / 7,756726°LS 109,39822°BT. Keajaiban alam yang terdapat di Kawasan karst Gombong Selatan Kebumen sungguh menakjubkan. Siapapun yang menelusuri sepanjang bibir pantai kawasan itu akan memuji keindahan alamnya. Pesona alam yang tersedia, membuat kawasan tersebut berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata.
http://ayokitarekreasi.blogspot.com
AIR TERJUN SAWANGAN KARANGDUWUR
Salah satu lokasi yang menyimpan panorama adalah di kawasan Resor Pamangkuan Hutan Tebo, BKPH Gombong Selatan. Di wilayah Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah itu terdapat sejumlah keajaiban alam. Salah satunya adalah air terjun sawangan, konon air terjun yang tertinggi di Kebumen ini sekaligus berada dekat dengan pantai selatan. Air Terjun Sawangan memiliki tinggi lebih dari 50 meter dan berjarak sekira 150 meter dari pantai selatan yang merupakan sebuah teluk. Air Terjun Sawangan terbentuk dari melimpahnya air dari sungai bawah tanah Goa Surupan atau Sawangan.

Air Terjun Sawangan berasal dari dalam Goa dan air terjun sawangan masih sangat alami dan tersembunyi. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi kalian yang suka dengan tantangan. Jangan khawatir apabila kalian sudah bosan bermain air dibawah terpaan air terjun sawangan, karena kalian juga bisa langsung bermain air di pantai Nogosari.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Sawangan

Lokasi rute bisa dijangkau dari  desa Karangduwur maupun   esa Argopeni, dari pertigaan loket Pantai Menganti mengabil ke arah Goa Karangduwur atau belok ke kanan berkendara hingga Tanjung Nogosari. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak sejauh kurang dari 700 meter. Saat ini lokasi air terjun sawangan sudah dikelola oleh pemerintah desa Karangduwur sehingga jalan setapak dan anak tangga menuruni tering sudah nyaman dan baik.

Paket Sawangan Adventure
    
Pengelola menyatukan paket wisata Air Terjun Sawangan dengan Goa Siwowo, Goa Karangduwur atau Goa Sarang Burung, Pantai Nogosari dan Bukit Nogosari dalam paket ”Sawangan Adventure”. Sehingga sangat dianjurkan mengambil rute ini.

Lokasi Penginapan

» Penginapan berupa Hotel terdekat berada di Kota Gombong.
» Sedangkan penginapan berupa Villa berada di Pantai Menganti.

Sementara dari Jalan Raya Ayah, Karangbolong di Desa Argopeni, Air Terjun Sawangan berjarak kurang dari 1 KM dengan berjalan kaki. Dari Desa Argopeni perjalanan yang ditempuh lebih mudah dan mengasyikan meski lebih jauh dari pada harus melalui Desa Karangduwur atau Goa Karangduwur. Perjalanan yang sulit menuju Air Terjun Sawangan dipastikan tak membosakan. Pemandangan alam sepanjang perjalanan dijamin bisa membuat kalian merasa kagum. Luasnya Samudera Hindia bisa dilihat berpadu dengan tanjung dan tebing karang. Begitu juga puncak puncak karst yang menghijau. Satu lagi, terdapat sebuah persawahan yang berada diantara bukit karst yang unik.

Demikian informasi yang bisa Ayo Kita Rekreasi berikan, semoga artikel ini bisa menjadi gambaran untuk kalian berekreasi ke Wisata Alam Air Terjun Sawangan Karangdawur.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Pantai Di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Pantai Di Kalimantan Timur – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Perlu kalian ketahui bahwa pesisir pantai di pulau yang terlewati garis khatulistiwa memiliki keindahan pantai tersendiri. Dan tidak dapat di pungkiri jika pantai-pantai yang terdapat di Wilayah Kalimantan Timur tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai Beras Basah, salah satu Destinasi Pantai yang ada di Wilayah Kalimantan Timur. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi akan memberikan informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang layak untuk kalian masukan ke bucket list tujuan wisata pantai di akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut : Pantai Nipah-Nipah terletak di kilometer 6 kelurahan Kelurahan Nipah-Nipah Jalan Poros Penajam dan di tepi jalan Coastal Road. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pa

Tempat Wisata Di Tegal

Destinasi Wisata Kota Di Tegal – Ayo Kita Rekreasi  kali ini ingin memberikan beberapa Destinasi Wisata Kota yang terdapat di Tegal. Berhubung Kota Tegal berada di Wilayah Pantai Utara, jadi terdapat beberapa Destinasi Pantai yang layak untuk kalian kunjungi, selain Destinasi pantai, di Kota Tegal juga terdapat wisata alam yang sangat menarik. Beberapa Destinasi Wisata Kota Tegal. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan rekomendasi tujuan wisata yang terdapat di Kota Tegal yang kini menjadi tempat populer pengunjung yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, diantaranya adalah sebagai berikut : Curug Putri Tegal merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter. Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak kalah keren dengan wisata air terjun y

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

Kebun Raya Ragunan — Ayo Kita Rekreasi kembali ingin memberikan informasi tentang destinasi wisata yang terdapat di daerah Jakarta. Kebun Binatang Ragunan, berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menempati tanah seluas 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan mempunyai banyak koleksi satwa. Setidaknya ada 295 spesies dengan 4040 spesimen. LOKASI DI KEBUN BINATANG RAGUNAN Apa saja yang ada di kebun binatang ragunan ? Berikut ini Ayo Kita Rekreasi beritahukan tentang apa saja yang ada di lokasi wisata kebun binatang ragunan : Taman Refleksi Tak banyak orang yang tahu bahwa di Kebun Binatang Ragunan terdapat satu jenis fasilitas atau tempat yang memang khusus disediakan untuk refleksi. Namanya adalah Taman Refleksi. Taman ini terletak di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Taman Refleksi berbentuk sebuah taman yang memiliki batu-batuan yang memang dirancang khusus untuk refleksi. Ingin ke Taman Refleksi paling pas dikunjungi pada pagi atau sore hari. Para pengunjung