Skip to main content

Wisata Pantai Di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Pantai Di Kalimantan Timur – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Perlu kalian ketahui bahwa pesisir pantai di pulau yang terlewati garis khatulistiwa memiliki keindahan pantai tersendiri. Dan tidak dapat di pungkiri jika pantai-pantai yang terdapat di Wilayah Kalimantan Timur tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia.
http://ayokitarekreasi.blogspot.com
Pantai Beras Basah, salah satu Destinasi Pantai yang ada di Wilayah Kalimantan Timur.


Berikut ini Ayo Kita Rekreasi akan memberikan informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang layak untuk kalian masukan ke bucket list tujuan wisata pantai di akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pantai Nipah-Nipah terletak di kilometer 6 kelurahan Kelurahan Nipah-Nipah Jalan Poros Penajam dan di tepi jalan Coastal Road. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pantai ini sebagai salah satu Destinasi Wisata Populer. Selain karena pasir putih, pantai nipah-nipah tepat berada di teluk Balikpapan hingga menjadikan wisatawan dapat melihat gemerlap lampu-lampu kota Balikpapan pada malam hari. Dengan menggunakan Angkutan Umum, menuju Pantai Nipah-Nipah dapat di kunjungi dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit dari dermaga Penajam. Pegelaran Hiburan Rakyat berupa pagerlaran seni budaya, Festival layang-layang serta Festival Miniatur Perahu Layar adalah kegiatan rutin tahunan yang di adakan di pantai ini setiap hari libur setelah perayaan idul fitri.
  • Pantai Segajah berada di wilayah Bontang Kuala, kota Bontang, provinsi Kalimantan Timur. Keunikan daerah ini  terletak dari pembatasan waktu kunjung. Para wisatawan hanya diperbolehkan datang pada siang  hari, lebih tepatnya ketika air laut surut sampai sore ketika air laut akan pasang Pulau ini hanya ada ketika air laut surut, dan akan hilang ketika air laut pasang. Keunikan tempat ini terletak pada  kebersihan pasir, dan kejernihan air lautnya, sehingga wisatawan dapat melihat dasar laut yang  dihuni oleh banyak bintang laut, bahkan kita juga bisa temukan clown fish. Dari sekian banyak  dominasi bintang laut yang berwarna cokelat dan kemerahan, terdapat sedikit bintang laut  berwarna biru. Tetapi ingat, perlu ekstra hati-hati jika mencoba masuk ke dalam air, disana terdapat karang-karang kecil yang ditempeli bulu babi. Kalian juga dapat menyewa perahu yang ada di  Bontang Kuala dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit. Pulau Segajah juga semakin  mempesona dengan kejernihan airnya serta keindahan pemandangan bawah lautnya. Aneka biota  laut juga masih terlihat sehingga sangat indah jika pengunjung melakukan aktivitas snorkeling atau  diving di wilayah pulau tersebut. Pulau ini dinamakan Pulau Segajah karena bentuknya  menyerupai seekor Gajah. Di spot ini kita bisa melihat terumbu karang yang menyerupai karpet dengan beraneka ragam coral dan anemon serta ikan-ikan yang asik berenang dan bersembunyi di balik karang. Berkeliling di Pulau ini dapat melihat biota-biota serta jenis kerang-kerangan, ada fenomena alam yang terjadi di dasar laut yaitu berupa gelembung-gelembung air yang keluar dengan sendirinya. Fenomena alam yang terjadi di mexico yaitu sungai yang berada di bawah laut. Tetapi jangan khawatir jika terlambat datang, kalian masih bisa melakukan wisata fotograpi di sekitar pulau. Dengan kejernihan air lautnya juga kegiatan tradisional, adat istiadat penduduk Bontang.
  • Pantai Beras Basah terletak di Pulau Beras Basah, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia. Lokasi tempat ini berjarak sekitar 220 kilometer dari pusat kota Balikpapan. Pantai Beras Basah menawarkan panorama alam yang indah disertai dengan hamparan pasir putih pantai yang cukup lembut di kaki. Pamandangan dari pepohonan yang hijau senantiasa menghiasi pulau ini. Air lautnya berwarna biru jernih. Seolah-olah menggoda siapapun yang berkunjung untuk berenang ke dalamnya. Dan memang benar di tempat ini pengunjung bisa berenang ataupun snorkeling menikmati keindahan bawah laut. Berbagai jenis ikan laut, terumbu karang hingga rumput laut bisa pengunjung temukan di tempat ini. Tidak hanya itu, kawasan ini sangat cocok bagi kalian penggemar fotografi. Pemandangan sunrise maupun sunset di tempat ini cukup menarik untuk diabadikan. Fasilitas di tempat ini memang belum tersedia penginapan serta rumah makan. Tetapi di tempat ini tersedia gazebo yang bisa digunakan secara gratis oleh para pengunjung, ruang ganti pakaian, serta toilet. Bila kalian ingin menginap, kalian bisa menyewa tempat penginapan yang ada di pusat kota Bontang. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan maupun minuman bila akan berkunjung ke tempat ini.
  • Pantai Biduk-Biduk merupakan pantai dengan pasir putih dan air laut biru jernih. Suasananya masih sangat asri dan masih jarang pula orang berkunjung kesini. Bila beruntung, saat mengunjungi pantai ini, akan terasa seperti pantai pribadi. Meski sepi, masih bisa ditemukan beberapa warung yang menjual makanan. Pasir putih Biduk-Biduk berasal dari terumbu-terumbu karang, saat berjalan dipesisir pantai ini sebaiknya menggunakan alas kaki berupa sendal agar bebas bergerak namun kaki tetap terlindungi. Dari pantai Biduk-Biduk, pengunjung bisa menikmati langsung pemandangan laut Sulawesi dan semilir angin yang menyejukan. Jajaran pohon kelapa di sepanjang pesisir pantai pun membuat betah tiap pengunjung yang datang, rasanya ingin berlama-lama hanya untuk sekedar bersantai. Untuk dapat menginap di sini, cukup mudah mendapatkan penginapan. Salah satu jalan yang memiliki banyak penginapan adalah jalan belimbing. Harganya beragam, dimulai dari 80 ribu rupiah saja. Cuaca di pantai Biduk-Biduk ini termasuk tidak terlalu ekstrim. Saat siang pengunjung tidak akan terlalu merasakan terik, dan saat malam tidak akan merasa terlalu dingin. Selain menikmati panorama alam yang indah dan menengkan, beberapa hal yang bisa dilakukan di pantai Biduk-Biduk ini adalah menaiki sampan, bermain air dan berkemah di tepian pantai. Di Biduk-Biduk sendiri listrik masih menyala hanya malam hari, sehingga ada baiknya melakukan pengisian baterai gadget dimulai pukul 18.00 malam sampai 06.00 pagi. Suasana pantai Biduk-Biduk yang masih sangat asri bisa dijadikan tempat hunting foto untuk para pecinta fotografi. Bila ingin menjadikannya momen yang abadi seperti pra-wedding atau post-wedding pun sangat memungkinkan tanpa harus mengamankan lokasi seperti dilokasi-lokasi wisata yang lain yang sudah padat pengunjung.
  • Pantai Benua Patra terletak di Jalan Perapatan, Balikpapan. Pantai ini memiliki batu-batu karang dan sangat ramai menjelang sunset. Tidak heran jika pantai ini juga disebut dengan Pantai Batu-Batu Benua Patra. Di pantai ini tidak ideal untuk berenang, relatif berbahaya karena banyak batu karang disekitar pantai. Berbeda dengan umumnya pantai di pesisir Kota Balikpapan lainnya yang terdiri dari hamparan pasir, di Pantai Banua Patra banyak dijumpai batu-batu alam yang berukuran besar, yang melindungi garis pantai di ujung semanjung Balikpapan dari abrasi laut. Sebetulnya pantainya indah, tapi sayangnya tidak terawat dengan baik. Karena Banyak sampah yang terbawa arus laut di pantai ini.
  • Pantai Melawai merupakan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang begitu eksotis. Pantai ini sangat cocok jika kalian kunjungi di waktu sore hari atau ketika menjelang malam. Karena pada saat itulah, kalian dapat menikmati panorama pemandangan alam berupa matahari terbenam disini anda dapat melihat sunset dengan sangat jelas. Di pantai ini, kalian juga dapat melihat kapal-kapal besar yang mengangkut minyak berlabuh di Pantai Melawai. Di sore hari, Pantai Melawai akan menjadi ramai dikunjungi orang berkat banyaknya penjual makanan khas Balikpapan. Kalian dapat duduk-duduk di meja-meja rendah yang beralaskan terpal sambil menikmati sunset dan menyantap aneka jajanan. Salah satu jajanan yang terkenal di Pantai Melawai adalah pisang gapit, yaitu pisang kepok yang dijepit lalu dibakar di atas arang dan dilumuri gula merah.
  • Pantai Kemala merupakan salah satu tempat wisata favorit di Balikpapan. Lokasinya yang ada di pusat kota menjadikan pantai ini menjadi primadona wisatawan dan selalu ramai pada hari libur atau akhir pekan. Di pantai ini kalian juga dapat menikmati aneka sajian kuliner yang menggoda, kalian dapat menikmati sajian masakan seafood hingga kuliner Eropa. Di pantai ini juga ada wahana bermain berupa banana boats. Sebagian orang menikmati pantai ini dengan berkunjung saat malam untuk menikmati makan malam santai disekitar pantai. Banyak orang yang menyamakannya dengan Pantai Jimbaran di Bali. Hal itu ditambah dengan pemandangan sunset pada sore hari yang sangat menawan. Selain pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat bermain flying fox, jet sky,  banana boat dll.
  • Pantai Lamaru merupakan salah satu tempat wisata pantai di Balikpapan dengan akses hanya 30 menit menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Balikpapan. Pantai Lamaru ini terletak di Desa Teritip, kira-kira 14 km. Pantai Lamaru memiliki karakteristik kontur pasir yang cukup landai dan tidak banyak terumbu karang. Pasirnya membentang seluas sekitar 2 km, sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk bermain pasir dan melakukan permainan lainnya. Ombak di Pantai Lamaru ini pun relatif tenang sehingga tidak berbahaya bagi anda yang ingin bermain air namun tidak bisa berenang. Di tepi pantai terdapat pepohonan rimbun yang sering menjadi tempat berjualan bagi para pedagang. Salah satu permainan yang ada di Pantai Lamaru adalah perahu kayuh. Kalian juga dapat menaiki andong atau menunggang kuda menyusuri pantai. Fasilitas di Pantai Lamaru ini sudah cukup lengkap. Tersedia tempat parkir yang cukup luas, kamar ganti, toilet, mushola, dan rumah makan.
  • Pantai Manggar Segarasari letaknya 9 km ke arah Timur dari Bandara Sepinggan atau 22 km dari pusat kota Balikpapan. Tempat wisata menarik ini memiliki luas sekitar 13.000 meter persegi. Pantai ini biasanya dipadati pengunjung saat liburan tiba. Memang pantai ini sanat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang ada di pantai ini, dari sekedar mandi di air laut. Disini terdapat berbagai fasilitas permainan yang bisa kalian nikmati seperti banana boat, perahu, sewa ban. Layang-layang dan permainan lainnya. Selain itu jika hanya ingin menikmati pemandangan laut saja, anda dapat menikmatinya sambil menyantap berbagai macam kuliner yang sudah tersedia di banyak warung yang berjejer di sepanjang Pantai Manggar Segara Sari.
  • Pantai Ambalat Samboja terletak di Kelurahan Amborawang Laut, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. Kurang lebih sekitar 7 km dari Jalan poros Samboja - Teritip di Balikpapan. Pantai Ambalat memiliki bibir pantai yang landai dengan pasir kecoklatan, terbentang mulai dari arah selatan berbatasan dengan Pantai Teritip hingga utara Tanjung Samboja. Pantai yang memiliki bibir pantai sepanjang 1,5 km dan lebar 500 meter jika air sedang surut ini akan lebih mempesona jika dirasakan pada malam hari. Jangan takut untuk bermalam karena di Pantai Ambalat ini sudah tersedia beberapa penginapan murah untuk kalian. Pantai Ambalat Samboja juga dilengkapi dengan wahana pemancingan bagi para pengunjung yang memiliki hobi memancing. Fasilitas pendukung pemancingan itu yakni beberapa unit gazebo atau rumah kecil yang berada di pematang empang dengan teduhan pohon cemara yang cukup begitu rindang. Kalian akan dimanjakan juga dengan sajian minuman kelapa muda sembari memancing.
  • Pantai Amal berada di Kecamatan Tarakan Timur, Propinsi Kalimantan Timur. Meskipun tidak berpasir putih, namun Pantai Amal tetap menjadi pilihan wisata yang ramai dikunjungi. Dengan pasirnya yang coklat dipadu dengan cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa maka akan tampak dengan jelas keindahan alam di pesisir Pantai Amal ini. Selain menyajikan keindahan alam, ada hal lain yang gak boleh kalian lewatkan saat berada di pantai ini. Pantai Amal mempunyai kuliner khas yang patut kalian cicipi, yaitu kapah yang merupakan sejenis kerang yang hanya terdapat di Pantai Amal dan dapat kalian nikmati dengan paduan sambal khas. Sebagai pencuci mulut tersedia buah terap yang merupakan buah khas Tarakan yang manis, diakhiri dengan segarnya kelapa muda yang akan membuat kalian ketagihan. Kalian juga bisa menikmati hidangan khas lainnya seperti udang dan gorengan ala Pantai Amal. Pantai Amal hanya berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Tarakan dan dapat kalian capai dengan mudah menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.
  • Pantai Pangempang berlokasi di desa Tanjung Limau, kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Setiap akhir pekan, pantai ini ramai pengunjung, terutama mereka yang hobi memancing atau sekadar menikmati hidangan seafood segar hasil tangkapan nelayan setempat. Pangempang tidak saja mengandalkan pantainya, namun di seberangnya ada Pulau Pangempang menghadap Selat Makassar yang luasnya lebih dari 95 hektare. Di pulau inilah keunikan sekaligus destinasi menarik bagi pengunjung Pantai Pangempang.
  • Pantai Tanjung Jumlai memiliki lebar pantai kurang lebih 100-150 meter dengan bentangan pantai sepanjang 15 km membujur dari Kelurahan Tanjung Tengah, Saloloang, Kampung Baru dan Pejala, kecamatan Penajam.  Pantai Tanjung Jumlai memiliki panorama yang eksotis dan memiliki pasir kwarsa kasar sehingga dasar laut dapat terlihat jelas. Bahkan ahli geologi laut dari sebuah yayasan pesisir yang pernah menangani kawasan ini menyebutkan, keindahannya sangat jarang ditemui di pantai lain diwilayah peraian indonesia. Pantai Tanjung jumlai sangat mudah untuk dijangkau, hanya menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam dan jarak yang ditempuh sekitar 30 km dari pusat daerah Penajam Paser Utara. Serta akses menuju tempat wisata tersebut tidaklah sulit, karena jalan yang dilalui merupakan jalan utama daerah Penajam Paser Utara sepanjang perjalanan menuju pantai pengunjung dapat menikmati keunikan dan keindahan Kabupaten Penajam Paser Utara serta bentangan  persawahan milik warga yang menghijau disepanjang jalan saat memasuki kawasan pantai. Seperti halnya pantai yang ada di banyuwangi, lombok, dan raja ampat yang terkenal dengan warna air laut yang hijau, biru, bahkan bening, begitu pula dengan Pantai Tanjung Jumlai yang memiliki keuinikan tersendiri dengan pasir pantainya. Pantai tanjung jumlai tidak hanya menawarkan keindahan laut dan pantainya, pengunjung juga dimanjakan dengan keindahan pemandangan disekitarnya. Sejauh mata memandang pengunjung akan menikmati hijaunya pohon mangrove, dan deretan pohon kelapa yang menambah keindahan wisata tersebut. Setelah puas dengan keindahan laut, pantai, serta pemandangan disekitarnya, Kita juga dapat menikmati wisata kuliner di Pantai ini, yakni es kelapa muda  dengan memanfaatkan hasil alam yang ada disekitar pantai tersebut, masyarakat setempat membuat warung-warung kecil  sepanjang pinggiran  pantai dengan menu  pavorit yakni es kelapa. tidak hanya itu, banyak juga menu-menu lain seperti hasil laut atau yang biasa kita kenal dengan seafood.

Demikian informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang bisa Ayo Kita Rekreasi berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menentukan tujuan wisata pantai di kalimantan timur

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Kaos Dakwah Murah

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Tanda Pasangan Ada Niat Menikah

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel. Serta jangan memasukan link hidup atau mati di dalam komentar. Info lebih lanjut hubungi kami lewat email di felly050788@gmail.com

Popular posts from this blog

Tempat Wisata Di Tegal

Destinasi Wisata Kota Di Tegal – Ayo Kita Rekreasi  kali ini ingin memberikan beberapa Destinasi Wisata Kota yang terdapat di Tegal. Berhubung Kota Tegal berada di Wilayah Pantai Utara, jadi terdapat beberapa Destinasi Pantai yang layak untuk kalian kunjungi, selain Destinasi pantai, di Kota Tegal juga terdapat wisata alam yang sangat menarik. Beberapa Destinasi Wisata Kota Tegal. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan rekomendasi tujuan wisata yang terdapat di Kota Tegal yang kini menjadi tempat populer pengunjung yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, diantaranya adalah sebagai berikut : Curug Putri Tegal merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter. Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak kalah keren dengan wisata air terjun y

Wisata Hutan Mangrove Jakarta

Taman Alam Hutan Mangrove  — Ayo Kita Rekreasi berpendapat bahwa saat ini Taman Wisata Alam memang menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik bagi para wisatawan yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta. Siapa yang mengira bahwa di  Jakarta juga terdapat kawasan wisata alam hutan Mangrove yang selain memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari abrasi dan dampak lingkungan, juga bisa menjadi tempat wisata alam yang menyuguhkan kesejukan alam hutan mangrove yang akan menjadi penyegar di tengah kemacetan aktivitas Ibukota Jakarta. HUTAN MANGROVE DI JAKARTA Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan salah satu kawasan konservasi alam yang berekosistem mangrove. Dengan luas areal sekitar 99,82 hektar dengan vegetasi utama berupa pepohonan mangrove atau yang biasa dikenal dengan hutan bakau. Di kawasan Hutan Mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk) para wisatawan atau pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan hijau dari hutan mangrove yang lebat. Keberadaan hut