Skip to main content

Keindahan Alam Di Pulau Lombok

Destinasi Wisata Di Pulau Lombok — Ayo Kita Rekreasi sekedar ingin memberikan informasi tentang wisata yang ada di Pulau Lombok. Sebelumnya perlu kalian ketahui kalau stuktur alam dan keindahan Pulau Lombok hampir sama dengan Bali, bedanya jika di Bali sudah sering terjamah oleh manusia sedangkan di Pulau Lombok masih sangat jarang terjamah manusia. Tidak heran jika beberapa objek wisata di Pulau Lombok masih terlihat sangat alami, asri, dan tidak ada sedikit pun perubahan akibat ulah tangan manusia. Bagi kalian yang membutuhkan suasana asri, maka liburan ke Lombok bisa dijadikan pilihan tepat untuk destinasi wisata kalian.
http://ayokitarekreasi.blogspot.com
Wisata Di Pulau Lombok
Berikut ini Ayo Kita Rekreasi merekomendasikan pantai yang merupakan wisata eksostis di pulau Lombok, diantaranya sebagai berikut :

Pulau Gili

Pulau Gili di barat laut Lombok merupakan tujuan wisata yang sangat ideal bagi kalian yang ingin beristirahat dari kejenuhan rutinitas ibukota. Di Pulau Gili menawarkan karang-karang yang spektakuler dan terdapat tempat menyelam yang menegangkan seperti di karang hiu. Pulau Gili merupakan tempat pelarian yang sempurna bagi siapapun yang menginginkan tempat yang indah, alami, dan menenangkan. Oleh karena itu, pulau-pulau Gili ini merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman luar biasa di pulau terpencil ini. Bagi para diver dan snorkeler. Ada banyak tempat yang di pulau-pulau Gili dimana kalian dapat meyelami semua jenis kehidupan laut termasuk keindahan penyu hijau (Chelonia mydas). Kalian dapat melihat penyu-penyu ini di kedalaman 10-20 m di bawah laut. Gili Gili terdiri dari 3 pulau, yaitu : Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Gili Trawangan adalah pulau yang terbesar dan paling terkenal dari ketiga pulau tersebut. Ada banyak restoran di sini dan aktivitas hiburan malam.

Gili Air merupakan pulau yang paling dekat dengan pulau utama dan merupakan pulau yang paling padat penduduknya.

Gili Meno merupakan pulau terkecil dan hanya dihuni oleh beberapa ratus penduduk tetap meskipun begitu kalian akan mendapatkan pengalaman istimewa di pulau terpencil ini.

Pantai Senggigi

Senggigi sudah tersohor sebagai salah satu tujuan wisata utama di Pulau Lombok. Daerahnya berupa kota dengan wilayah yang menghadap langsung ke pantai yang indah. Secara administratif, Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pusat keramaian Pulau Lombok terletak di sini, dengan mudah kalian bisa menjumpai resor, hotel melati, restoran, operator tuor, spa, toko cenderamata, pusat hiburan dan masih banyak lagi lainnya. Warna lautnya memang tidak sejernih Pantai Kuta Lombok, pasirnya pun tak seputih pasir yang akan ditemukan di Gili Trawangan. Akan tetapi, lansekap Matahari terbenam di sini akan menghadiahkan kalian siluet Gunung Agung di Pulau Bali. Kontur pantainya terbilang landai dengan ombak menyapu pesisirnya dengan lembut sehingga aman untuk anak-anak bermain di pinggiran pantai.

Garis Pantai Senggigi mencapai 30 kilometer. Pura Batu Bolong begitu unik karena dibangun di atas karang yang terletak di pinggir pantai. Menurut legenda setempat, dahulu pura ini sering dijadikan tempat tumbal perempuan yang akan diserahkan sebagai makanan ikan hiu. Ada juga yang bercerita bahwa pura sering dijadikan tempat para wanita yang patah hati menerjunkan dirinya ke laut. Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat Batu Layar yang merupakan makam seorang ulama. Ini merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Batu Layar ramai dikunjungi saat Lebaran Topat, yakni lebaran bagi orang yang menjalani puasa sunah satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Pura Batu Bolong

Keindahan Pura Batu Bolong konon yang membawa kesan tersendiri bagi umat Hindu yang bersembahyang. Bagaimana tidak, kalian akan ditemani oleh deburan ombak yang menabrak karang Pura Batu Bolong dan menyesap perlahan melalui ronngga-rongga. Di bawah naungan pohon dan hamparan langit biru Pantai Senggigi inilah Pura Batu Bolong seakan membawa umatnya larut dalam keindahan alam ciptaan yang Maha Kuasa. Keindahan Pura Batu Bolong kerap disejajarkan dengan Pura Tanah Lot Bali yang letaknya menjorok dari garis pantai. Suasana spritual Pura Batu Bolong tersebut ditambah lagi dengan letak Pura yang berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali, gunung yang disucikan oleh umat Hindu. Menurut kesaksian masyarakat yang beribadah di pura ini, walaupun suara ombak datang silih berganti namun keheningan bercampur dengan spirit religius selalu menggema.

Pura batu Bolong terdiri dari dua bangunan pura. Yang pertama adalah pura yang terletak di bawah pohon dan berada di dekat pintu masuk setelah menuruni beberapa anak tangga bernama Pura Ratu Gede Mas Mecaling. Sedangkan pura kedua berada di atas karang yang tingginya sekitar 4 meter berada di posisi yang menjorok. Beberapa patung yang terdapat di pura ini adalah patung Subali, Sugriwa, Rama, Laksmana dan patung Naga. Keberadaan Pura batu Bolong ini secara langsung memiliki makna tradisi yang bersentuhan dengan kehidupan masyarakat Hindu di Lombok yang diwariskan oleh budaya Bali. Seperti halnya pura-pura yang ada di Lombok, setiap pengunjung diharuskan untuk mentaati beberapa peraturan yakni diharuskan memakai selendang kuning yang dililitkan pada pinggang dan bagi wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk datang ke pura ini.

Pantai Sekotong

Pulau Lombok kaya potensi wisata. Salah satu potensi wisata yang cukup menakjubkan disini adalah Pantai Sekotong. Keindahan pantai berpasir putih, air laut yang biru, dan panorama alam yang mempesona, bisa dinikmati di wisata ini. Pantai Sekotong berada di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Obyek wisata ini cukup mudah dijangkau dari Kota Mataram (ibukota Provinsi NTB), berjarak sekitar 60 kilometer, untuk mencapai Pantai Sekotong, kalian dapat menggunakan angkutan umum yang ada di daerah tersebut. Waktu tempuh Mataram menuju Sekotong hanya berkisar 1,5 sampai 2 jam. Di pantai Sekotong, kalian bisa berenang dengan tenang. Suasana pantai yang tidak terlalu padat pengunjung, menjadikan kalian betah berlama-lama bercanda dengan deburan ombak di pantai ini.

Pantai Sekotong yang masih relatif perawan, hanya padat pengunjung di saat akhir pekan. Tidak hanya itu, di kawasan pantai Sekotong kalian juga bisa menikmati keindahan budidaya biota laut. Sebab, di tempat itu ada Balai Budidaya Laut Lombok di bawah Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan. Biota laut seperti kerang abalone, ikan kerapu, lobster, ikan napoleon, teripang, dan lain-lain menjadi pemandangan yang tak akan menjemukan. Kalian bisa juga mendaki bukit-bukit di sekitar pantai Sekotong. Pesona wisata pendakian bukit ini akan menjadi pengalaman yang langka, karena setibanya di puncak, kalian akan disuguhi dengan hamparan panorama alam yang sangat cantik. Sepanjang mata memandang, akan ketemu perpaduan indahnya pantai, birunya air laut, Gunung Agung yang menjulang dan gugusan pulau kecil diseberang lautan. Sejumlah pulau (Gili) seperti terserak di depan mata. Menurut warga setempat, ada belasan pulau di perairan Gili Sekotong, seperti Gili Genting, Gili Lontar, Gili Gede, Gili Bedis, Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Berairan, Gili Amben, Gili Asahan, Gili Layar, Gili Renggit, Gili Goleng, Gili Anyaran, dan Gili Poh. Jika kalian ingin bermalam, tidak perlu khawatir, karena di obyek wisata itu banyak tersedia penginapan dengan tarif yang sangat terjangkau dan fasilitasnya lengkap.

Gili Nanggu

Setiap orang yang mengunjungi Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat pasti akan ke pulau atau gili, dimana dua gili yang terkenal adalah Gili Trawangan dan Gili Meno.Bagi yang sudah bosan dengan kedua gili tersebut ternyata ada gili lain yang masih sangat sepi dan termasuk privat. Tidak banyak aktivitas kecuali para wisatawan yang bermain di pantai. Gili Nanggu adalah sebuah pulau kecil yang memberikan keindahan pantai dan sekitarnya yang tidak kalah indahnya dibandingkan gili-gili yang lain. Pulau Lombok juga memiliki kemegahan alam bahari yang memesona. Pantai Senggigi serta pulau-pulau mungil atau gili yang tersebar di sekitar pulau ini menyimpan pesona yang menakjubkan. Selain di kawasan Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air yang reputasinya telah mendunia, di kawasan Lombok Barat juga terdapat gili lain yang bisa disinggahi, yaitu Gili Nanggu, untuk mencapai Gili Nanggu cukup mudah. Dari Mataram, wisatawan bisa menuju Pelabuhan Lembar yang berjarak sekitar 27 km, dengan kendaraan, dan selanjutnya menggunakan perahu atau speedboat selama 35 hingga 45 menit. Bisa juga melalui rute lain, yaitu lewat Tawun, di Sekotong, yang berjarak 47 km, dengan kendaraan dan kemudian  menggunakan speedboat selama 15 menit. Sekotong juga dapat diakses langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan waktu tempuh antara 45 menit sampai satu jam saja.

Layaknya Gili Trawangan, di Gili Nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru. Suasana alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pasangan yang ingin berbulan madu. Matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektar ini. Bagi mereka yang ingin berlama-lama ataupun ingin menyepi di Gili Nanggu tak perlu merasa khawatir. Sebab, di pulau ini telah tersedia fasilitas akomodasi modern. Selain memiliki pilihan akomodasi yang beragam, resor ini turut dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari wahana watersports, jogging trek, perlengkapan diving atau snorkeling yang bisa digunakan oleh segenap wisatawan.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani mempunyai pemandangan alam yang paling indah bila dibandingkan dengan gunung lain di Indonesia, bahkan keindahannya disebut-sebut sebagai yang paling indah tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia. Karena panorama alamnya yang indah inilah Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki yang biasanya merupakan mahasiswa, pecinta alam, penduduk lokal, hingga wisatawan asing. Bulan Juli dan bulan Agustus adalah waktu di mana Gunung Rinjani paling banyak dikunjungi wisatawan. Para pendaki gunung ini bertujuan untuk mencapai puncak Gunung Rinjani selain untuk menikmati panoramanya, juga untuk mendapat kepuasan tersendiri karena telah berhasil menaklukan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini. Setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani semakin banyak, dan sebagian besar pendaki ini merupakan mahasiswa pecinta alam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain panorama alam yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga mempunyai keunikan lain yaitu flora dan faunanya yang beraneka ragam.

Ketika mendaki Gunung Rinjani, kalian akan melihat betapa kayanya Gunung Rinjani. Setiap 1,000 meter pendakian kalian akan melihat jenis flora yang berbeda, misalnya pada ketinggian 2,000 meter kalian akan menemukan banyak cemara gunung, dan pada ketinggian 3,000 meter kalian akan melihat banyak bunga edelweiss. Untuk fauna yang dapat kalian temui di antaranya adalah lebih dari 100 jenis burung yang berbeda, landak, rusa, monyet perak, monyet ekor panjang, dan lain-lain. Suhu udara di Gunung Rinjani cukup dingin dengan suhu rata-rata sektiar 20 derajat Celsius dan suhu paling dingin bisa mencapai 10 derajat Celsius sehingga kalian perlu membawa baju tebal dan jaket untuk menghalau suhu yang dingin tersebut. Dibalik keindahan Gunung Rinjani, juga terdapat resiko yang lumayan tinggi dalam pendakiannya. Hingga saat ini, Gunung yang paling terkenal di Lombok ini telah menelan korban jiwa yang cukup banyak, oleh karena itu kalian juga harus berhati-hati ketika melakukan pendakian. Biasanya hal ini terjadi karena cuaca buruk yang tiba-tiba datang, menyebabkan para pendaki kehilangan arah, tersesat, dan pada akhirnya ditemukan tidak bernyawa.

Air Terjun Sendang Gile & Tiu Kelep

Wisata ini mencakup bagian Lombok utara dan menyajikan pengalaman alam, budaya dan peradaban manusia di wilayah ini selama berabad-abad, kalian akan memulai tour melalui garis pantai untuk mengunjungi Malimbu, kemudian ke pasar tradisional Tanjung, pasar lokal yang beragam dengan buah-buahan yang berwarna-warni dan makanan diperdagangkan oleh penduduk setempat untuk kebutuhan hidup sehari-hari mereka. Air terjun Sindang Gile, terletak di desa Senaru terletak 600 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Rinjani. Bukit-bukit yang indah dan alam tenang, memberikan kalian istirahat yang nyaman, air mengalir dan jatuh di atas ketinggian 30 meter turun adalah air terjun paling indah di Lombok, air terjun untuk mengairi sawah bidang lingkungan dengan air jernih yang berasal dari Danau Segara Anak.

Air terjun Sendang Gile terletak cukup dekat dengan pintu masuk wisata alam Taman Nasional Gunung Rinjani. Kalian cukup berjalan kaki sejauh 15 menit. Karena lokasinya dekat pintu masuk, air terjun Sendang Gile dikunjungi oleh banyak wisatawan lain. Sepanjang jalan menuju dua air terjun, kalian akan disajikan dengan pemandangan hutan lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Mayoritas flora yang tumbuh di daerah ini adalah tanaman tropis. Seperti pohon Bajur (Pterocarpus SP.), Pohon Ipil (Insia biyuga), pohon Sentul (Sondarium), dan jati (Tektona grandis).

Petualangan kalian akan sempurna ketika mendarat di lokasi Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini cukup tinggi, yang berjarak sekitar 45 meter. Yang cukup besar dan berat menimbulkan benturan cukup besar pula. Tidak jauh dari sana, kalian dapat melihat pohon besar yang tumbuh di permukaan tebing. Menurut penduduk setempat, bahasa Sasak bahwa Tiu Kelep nama ini diambil dari “Terbang renang” sementara nama Sendang Gile diambil dari legenda lokal. Legenda tersebut berkisah seorang pangeran yang sedang dikejar oleh singa gila. Sang Pangeran kemudian bersembunyi di balik air terjun melarikan diri dikejar singa. Akhirnya air terjun bernama Sendang Gile. Air terjun kedua diyakini menyembuhkan berbagai penyakit, serta membuat kelihatan lebih muda. Masyarakat juga percaya bahwa aliran air terjun akan lebih besar jika orang-orang berbicara lebih keras.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta biasanya identik dengan pantai yang paling terkenal di Pulau Bali. Bila kalian berpikir bahwa Pantai Kuta Bali merupakan pantai yang sangat indah, maka kalian akan takjub saat mengunjungi Pantai Kuta Lombok ini. Terletak di wilayah selatan Pulau Lombok, pantai ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih. Serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat. Sehingga menyuguhkan kepada kalian pemandangan yang romantis dan menakjubkan. Jika kalian ingin mengunjungi Pantai Kuta Lombok, datanglah ke Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika. Putri Mandalika akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, karena menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. Dari Kota Mataram, Pantai Kuta Lombok ini berjarak sekitar 72 Kilometer ke arah Tenggara, dan bisa dicapai sekitar 90 Menit perjalanan.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak Lombok, Selong Belanak Beach merupakan salah satu diantara sekian banyak pantai yang ada di Pulau Lombok daerah selatan Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Selong Belanak Lombok atau Selong Belanak Beach Lombok ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan masih alami untuk dinikmati. Perjalanan menuju lokasi Pantai Selong Belanak Lombok ini membuat kalian harus ekstra hati-hati, karena jalan yang naik turun dan berliku-liku. Pantai Selong Belanak Lombok ini memiliki hamparan air laut yang berwarna bening biru kehijauan dan hamparan pasir putihnya yang sangat lembut terbentang luas di sepanjang pesisir pantai. Berbeda dengan jenis pasir putih yang ada di Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan Lombok atau Pantai Seger Lombok. Kelembutan pasir putih yang dimiliki Pantai Selong Belanak Lombok ini akan bisa kalian rasakan di kaki jika kalian berjalan menyusuri pantai tanpa alas kaki. Selain pasir putihnya yang membedakan Pantai Selong Belanak Lombok dengan pantai-pantai lainnya adalah Pantai Selong Belanak Lombok ini juga memiliki dasar pantai yang berpasir lembut tidak seperti pantai-pantai lainnya yang memiliki dasar yang berbatu karang.

Demikian Informasi yang bisa Ayo Kita Rekreasi berikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang memiliki rencana untuk melakukan wisata ke Pulau Lombok.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Pantai Di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Pantai Di Kalimantan Timur – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Perlu kalian ketahui bahwa pesisir pantai di pulau yang terlewati garis khatulistiwa memiliki keindahan pantai tersendiri. Dan tidak dapat di pungkiri jika pantai-pantai yang terdapat di Wilayah Kalimantan Timur tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai Beras Basah, salah satu Destinasi Pantai yang ada di Wilayah Kalimantan Timur. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi akan memberikan informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang layak untuk kalian masukan ke bucket list tujuan wisata pantai di akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut : Pantai Nipah-Nipah terletak di kilometer 6 kelurahan Kelurahan Nipah-Nipah Jalan Poros Penajam dan di tepi jalan Coastal Road. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pa

Tempat Wisata Di Tegal

Destinasi Wisata Kota Di Tegal – Ayo Kita Rekreasi  kali ini ingin memberikan beberapa Destinasi Wisata Kota yang terdapat di Tegal. Berhubung Kota Tegal berada di Wilayah Pantai Utara, jadi terdapat beberapa Destinasi Pantai yang layak untuk kalian kunjungi, selain Destinasi pantai, di Kota Tegal juga terdapat wisata alam yang sangat menarik. Beberapa Destinasi Wisata Kota Tegal. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan rekomendasi tujuan wisata yang terdapat di Kota Tegal yang kini menjadi tempat populer pengunjung yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, diantaranya adalah sebagai berikut : Curug Putri Tegal merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter. Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak kalah keren dengan wisata air terjun y

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

Kebun Raya Ragunan — Ayo Kita Rekreasi kembali ingin memberikan informasi tentang destinasi wisata yang terdapat di daerah Jakarta. Kebun Binatang Ragunan, berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menempati tanah seluas 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan mempunyai banyak koleksi satwa. Setidaknya ada 295 spesies dengan 4040 spesimen. LOKASI DI KEBUN BINATANG RAGUNAN Apa saja yang ada di kebun binatang ragunan ? Berikut ini Ayo Kita Rekreasi beritahukan tentang apa saja yang ada di lokasi wisata kebun binatang ragunan : Taman Refleksi Tak banyak orang yang tahu bahwa di Kebun Binatang Ragunan terdapat satu jenis fasilitas atau tempat yang memang khusus disediakan untuk refleksi. Namanya adalah Taman Refleksi. Taman ini terletak di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Taman Refleksi berbentuk sebuah taman yang memiliki batu-batuan yang memang dirancang khusus untuk refleksi. Ingin ke Taman Refleksi paling pas dikunjungi pada pagi atau sore hari. Para pengunjung