Skip to main content

Wisata Taman Nasional Komodo

Pulau Komodo — Ayo Kita Rekreasi berbagi info mengenai Destinasi wisata yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara, yaitu Pulau Komodo. Berada di tengah-tengah antara pulau Sumbawa dan pulau Flores, tepatnya disebelah timur pulau Sumbawa, terpisah oleh selat Sape pulau komodo merupakan pulau kecil yang menempati bagian utama Taman Nasional Komodo. Pulau Komodo masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Pulau ini merupakan batas paling barat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur sekaligus berbatasan dengan provinsi Nusa Tenggara Barat.
http://ayokitarekreasi.blogspot.com
Taman Nasional Pulau Komodo
Kalian perlu tahu jika Taman Nasional Komodo bukan hanya di pulau Komodo, tapi mencakup pulau lain seperti Rinca, dan Padar yang termasuk dalam pulau utama habitat asli komodo. Selain itu juga masih banyak pulau-pulau  kecil lain yang masuk dalam Taman Nasional Komodo. Total luas Taman Nasional Komodo 2.321 km² meliputi wilayah daratan sekaligus lautan dan udara.

Taman Nasional Komodo juga terkenal memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan, diantaranya adalah :
  • Terumbu Karang yang Beragam.
  • Hiasan rumput laut.
  • 70 Jenis Bunga Karang.
  • Ribuan spesies ikan.
  • Berbagai macam jenis hiu.
  • Ikan pari.
  • Penyu hijau.
  • 6 spesies paus.
  • Dan 10 jenis lumba-lumba.

Sekitar 67%  cakupan Taman Nasional Komodo merupakan wilayah perairan yang eksotis. Memiliki kedalaman sekitar 150 meter. Suhu air di perairai ini berkisar 25˚-29˚ celcius dengan tingkat keasinan 34 ppt. Begitu banyak pesona alam yang ditawarkan di Taman Nasional Komodo. Selain dapat bertemu dengan hewan purba komodo di habitat aslinya, dan menikmati cantiknya biota lautnya, Anda juga akan dibuat takjub lebih jauh lagi dengan panorama di pulau ini. Karena disini terdapat zona transisi Garis Wallacea. Tercatat ada 254 spesies flora yang mendiami Taman Nasional Komodo. Selain itu juga ada 128 jenis burung yang cantik dan merdu suaranya, serta 58 jenis binatang yang beragam. Paduan alam beserta vegetasinya menambah kualitas lingkungan di Taman Nasional Komodo sehingga beragam flora dan fauna mudah beradaptasi disini.

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu dari 40 taman nasional yang ada di Indonesia. Taman ini dilindungi sebagai situs warisan dunia. Baik kekayaan alam, ragam flora, maupun faunanya. Pulau Komodo masuk dalam finalis “ New Seven Wonders of Nature ” . Dengan pesona kekayaan alamnya serta merupakan habitat asli hewan purba yang menyerupai kadal tersebut yang tak akan dapat di temui di belahan dunia manapun. Dengan keunikannya yang akhirnya dapat menghipnotis para wisatawan sehingga mendukung Taman Nasional Komodo sebagai wisata terbaik. Akhirnyaa Pulau Komodo pun berhasil terpilih dalam ajang bergengsi tingkat dunia tersebut. Serta dinyatakan oleh UNESCO sebagai “ New Seven Wonders of Nature ”  pada tahun 1986.

Rute Perjalanan Ke Pulau Komodo

Jika ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo sebaiknya menggunakan transportasi umum, berikut ini Ayo Kita Rekreasi memberikan info mengenai Dua Rute Perjalanan Ke Pulau Komodo :
  • Rute Darat. Dari Surabaya. Pertama harus menuju kota Banyuwangi. Langsung menuju pelabuhan ketapang, Banyuwangi dengan kapal feri sampai pelabuhan Gilimanuk. (dibutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan). Perjalanan dilanjutkan kembali ke terminal Ubung, Bali. Sesampainya di terminal Ubung Bali langsung menuju pelabuhan Padangbai. Lalu kalian akan diantarkan menuju pelabuhan Lembar - Lombok dengan menggunakan kapal feri. (perjalanan memakan waktu 4 jam). Setelah sampai Lembar - Lombok, lanjutkan lagi menuju terminal Mandalika tepatnya di Mataram, (waktu tempuh 2 jam). Diteruskanlagi ke pelabuhan Kayangan, Lombok dengan (waktu tempuh 2,5 jam). Dengan menyebrangi selat Alas. Penghubung antara pulau Lombok dan Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan Pototano merupakan titik awal yang harus Anda tuju. Karena disinilah gerbang awal di kota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Lalu dilanjutkan menuju terminal Dara, Bima. Sesampainya disana lanjut lagi ke pelabuhan Sape. Dari pelabuhan Sape Anda hanya perlu menyewa perahu motor untuk bisa sampai ke Taman Nasional Komodo.
  • Rute Udara. Jika menggunakan transportasi udara, nampaknya perjalanan cukup mudah dimulai dari bandara Juanda, Surabaya lalu transit  menuju ke Nusa Tenggara Timur tepatnya di bandara Eltari yang ada di kota Kupang, Flores. (waktu tempuh hanya sekitar 2 jam). Sesampainya disana, lanjutkan perjalanan ke pelabuhan di pulau Flores. Dan menyebrang untuk bisa sampai ke tempat tujuan.
  • Jika dari Bali, cukup dari bandara Ngurahrai, Bali menuju Labuhan Bajo langsung yang merupakan bandara pulau komodo.
Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Pulau Komodo

Berkunjung ke Pulau Komodo adalah suatu pengalaman yang menakjubkan jika dapat melihat hewan purba di habitat aslinya dengan jelas. Selain itu, kalian juga dapat menikmati indahnya pantai di pulau Komodo dan pulau Rinca. Dengan lautan pasir putih dan deburan ombak menambah indahnya suasana pantai. Dan keindahan panorama bawah lautnya diakui sebagai tempat menyelam terbaik di dunia. Ditempat ini kalian juga dapat menyewa kapal nelayan untuk menuju pantai Merah. Di Pantai ini kalian disuguhkaan keindahan pasir yang berwarna merah muda yang hanya ada 7 di dunia.

Oleh-oleh Dan Kuliner di Pulau Komodo

Loh Buaya dan Loh Liang merupakan pusat penjualan cenderamata khas pulau Komodo. Mulai dari warna-warni kaos yang bergambarkan komodo, patung komodo yang terbuat dari kayu hingga berbagai aksesories cantik yang tentunya masih lekat dengan nuansa pulau Komodo.

Tips Mengunjungi Pulau Komodo

  1. Sewalah seorang “Jagawana” atau pawang yang ahli untuk menemani perjalanan anda di Taman Nasional Komodo. Selain aman, Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih jelas.
  2. Pakailah sepatu booth agar terlindung dari ular, karena disana banyak jenis ular yang biasanya hidup dibawah tanah pada padang rumput savanna. Meliputi jenis ular vipper, russel, cobra, dan masih banyak yang lainnya.
  3. Jangan sekali-kali memberi makanan dan mengusik ketenangan hewan purba komodo. meski terlihat tenang dan geerakanya lambat, namun hewan ini juga bisa bertindak agresif.
  4. Siapkan tongkat bercabang pada saat menjajaki destinasi ini, karena komodo takuk ketika digertak menggunakan tongkat tersebut.
  5. Mengingat kondisi hutan dan padang savanna di pulau komodo, bawalah lotion anti nyamuk untuk menghindari kawanan nyamuk nakal yang mengganggu.
  6. Jika Anda perempuan dan sedang mengalami menstruasi. Maka laporlah pada “Jagawana” atau pawang, karena penciuman hewan purba komodo sangat tajam terhadap bau darah, mengakibatkan dia lebih agresif. Dengan melapor maka  keselamatan  anda lebih diperhatikan.
  7. Anda dilarang menyulutkan rokok, mengingat medan area merupakan padang rumput savanna.
  8. Siapkaan energi yang banyak dan kaki yang kuat untuk melangkah. Karena sejauh mana anda berjalan, akan menentukan pengalaman yang anda dapatkan.
  9. Sediakan kebutuhan pribadi dengan lengkap.

Demikian informasi yang bisa Ayo Kita Rekreasi berikan, mengenai Wisata Taman Nasional Pulau Komodo. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. 

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Pantai Di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Pantai Di Kalimantan Timur – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Perlu kalian ketahui bahwa pesisir pantai di pulau yang terlewati garis khatulistiwa memiliki keindahan pantai tersendiri. Dan tidak dapat di pungkiri jika pantai-pantai yang terdapat di Wilayah Kalimantan Timur tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai Beras Basah, salah satu Destinasi Pantai yang ada di Wilayah Kalimantan Timur. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi akan memberikan informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang layak untuk kalian masukan ke bucket list tujuan wisata pantai di akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut : Pantai Nipah-Nipah terletak di kilometer 6 kelurahan Kelurahan Nipah-Nipah Jalan Poros Penajam dan di tepi jalan Coastal Road. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pa

Tempat Wisata Di Tegal

Destinasi Wisata Kota Di Tegal – Ayo Kita Rekreasi  kali ini ingin memberikan beberapa Destinasi Wisata Kota yang terdapat di Tegal. Berhubung Kota Tegal berada di Wilayah Pantai Utara, jadi terdapat beberapa Destinasi Pantai yang layak untuk kalian kunjungi, selain Destinasi pantai, di Kota Tegal juga terdapat wisata alam yang sangat menarik. Beberapa Destinasi Wisata Kota Tegal. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan rekomendasi tujuan wisata yang terdapat di Kota Tegal yang kini menjadi tempat populer pengunjung yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, diantaranya adalah sebagai berikut : Curug Putri Tegal merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter. Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak kalah keren dengan wisata air terjun y

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

Kebun Raya Ragunan — Ayo Kita Rekreasi kembali ingin memberikan informasi tentang destinasi wisata yang terdapat di daerah Jakarta. Kebun Binatang Ragunan, berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menempati tanah seluas 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan mempunyai banyak koleksi satwa. Setidaknya ada 295 spesies dengan 4040 spesimen. LOKASI DI KEBUN BINATANG RAGUNAN Apa saja yang ada di kebun binatang ragunan ? Berikut ini Ayo Kita Rekreasi beritahukan tentang apa saja yang ada di lokasi wisata kebun binatang ragunan : Taman Refleksi Tak banyak orang yang tahu bahwa di Kebun Binatang Ragunan terdapat satu jenis fasilitas atau tempat yang memang khusus disediakan untuk refleksi. Namanya adalah Taman Refleksi. Taman ini terletak di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Taman Refleksi berbentuk sebuah taman yang memiliki batu-batuan yang memang dirancang khusus untuk refleksi. Ingin ke Taman Refleksi paling pas dikunjungi pada pagi atau sore hari. Para pengunjung