Skip to main content

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

Kebun Raya Ragunan — Ayo Kita Rekreasi kembali ingin memberikan informasi tentang destinasi wisata yang terdapat di daerah Jakarta. Kebun Binatang Ragunan, berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menempati tanah seluas 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan mempunyai banyak koleksi satwa. Setidaknya ada 295 spesies dengan 4040 spesimen.
http://ayokitarekreasi.blogspot.com
LOKASI DI KEBUN BINATANG RAGUNAN
Apa saja yang ada di kebun binatang ragunan ? Berikut ini Ayo Kita Rekreasi beritahukan tentang apa saja yang ada di lokasi wisata kebun binatang ragunan :

Taman Refleksi Tak banyak orang yang tahu bahwa di Kebun Binatang Ragunan terdapat satu jenis fasilitas atau tempat yang memang khusus disediakan untuk refleksi. Namanya adalah Taman Refleksi. Taman ini terletak di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Taman Refleksi berbentuk sebuah taman yang memiliki batu-batuan yang memang dirancang khusus untuk refleksi. Ingin ke Taman Refleksi paling pas dikunjungi pada pagi atau sore hari.

Para pengunjung dapat memanfaatkan Taman Refleksi sebagai arena olahraga, relaksasi, bahkan sekedar mengabadikan gambar ke dalam lensa kamera. Di tengah kolam Taman Refleksi terdapat icon orang utan serta patung gajah dan komodo dengan ukuran super besar alias raksasa. Untuk pengunjung disabilitas atau memiliki keterbatasan, khususnya bagi yang memakai kursi roda, Taman Refleksi ini ramah pengunjung disabilitas. Mereka mendapat akses yang mudah untuk dapat menikmati Taman Refleksi ini. Berada di Taman Refleksi sambil bersantai bersama keluarga dan relaksasi, sangat pas dan pastinya membuat pikiran dan tubuh segar kembali.

Taman Satwa Anak adalah sejenis taman yang menampilkan aneka macam satwa yang tentunya disukai oleh anak. Contohnya adalah ikan arapaima gigas yang merupakan ikan raksasa dengan berat tubuh mencapai 100 kg, si kakatua yang pintar menirukan suara dan berbicara, mini terrarium dengan ular condrophyton yang mempunyai warna tubuh seperti pelangi alias berwarna warni, kapibara yang merupakan sejenis satwa pengerat, jarring laba-laba, dan area bermain anak-anak. Semua yang ada di sini pasti membuat anak-anak betah. Harga untuk masuk kawasan Taman Satwa Anak sangat terjangkau, lho. Cukup dengan uang Rp. 2.500,00- kita sudah bisa mengajak anak melihat hewan lucu dan membuat anak gembira.

Aquarium Arapaima adalah sejenis ikan raksasa yang berasal dari Amazon. Aquarium yang berisi ikan arapaima dapat kita lihat di lokasi Taman Satwa Anak. Aquarium ini banyak menyedot minat pengunjung untuk melihatnya karena keunikan yang dimiliki dan memberikan edukasi atau pendidikan tentang air tawar tersebut.

Gajah Tunggang adalah dimana kita dapat menaiki Gajah yang menjadi gajah tunggang, sudah jinak. Jadi kita bisa berkeliling naik gajah dengan aman dan nyaman.

Penyewaan Sepeda Anda dapat menyewa sepeda kayuh untuk menjelajah Kebun Binatang Ragunan. Kalau anda sendirian, bisa sewa sepeda tunggal atau satu kayuh. Sedangkan jika anda datang bersama sahabat, lebih seru menyewa sepeda ganda dengan dua kayuh.

Unta Tunggang Bagi anda yang ingin menikmati sensasi naik unta seperti di Mesir atau Negara Arab Saudi, tak usah jauh-jauh keluar negeri. Di Kebun Binatang Ragunan ini tersedia. Naik unta sambil membayangkan hamparan padang pasir membentang ditambah dengan sensasi hawa panas gurun.

Kereta Keliling Berkeliling Taman Margasatwa Ragunan yang luas tentunya sangat melelahkan. Kereta keliling bisa menjadi alternatif untuk kita berkeliling Ragunan yang luas. Sepanjang perjalanan menggunakan kereta keliling kita bisa menikmati pemandangan aneka satwa di kanan-kirinya.

Taman Perahu Angsa adalah sejenis danau buatan atau kolam besar seluas 2000 M² dengan pulau-pulau buatan di tengah-tengahnya. Dinamakan Taman Perahu Angsa karena kita dapat menyusuri kolam dengan memakai perahu angsa.

Pentas Satwa Berbagai atraksi satwa yang menarik dapat kita lihat ketika berada di Pentas Satwa. Contohnya adalah kakatua yang pandai memainkan gelang berwarna dan beruang yang pintar mengendarai sepeda. Atraksi tersebut dikemas dengan apik sehingga sangat menghibur pengunjung bahkan membuat semua tertawa. Kawasan ini buka pada Pkl. 10.00-15.00 Wib dengan harga tiket sangat terjangkau yaitu Rp. 4.000,00-.

Kuda Bendi Merupakan sejenis alat transportasi yang telah langka. Satu bendi maksimal mengangkut penumpang sebanyak 4 orang. Sensasi naik kuda bendi masih bisa kita rasakan saat berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan.

Kuda Tunggang Jangan membayangkan kuda pacu besar dan tinggi yang ada di sini. Kuda tunggangnya adalah sejenis kuda poni berukuran sedang, tak terlalu besar. Kuda tunggang ada di kawasan Taman Satwa Anak. Mengajak anak berkeliling naik kuda tunggang sepanjang Taman Satwa Anak memberi pengalaman yang tak terlupakan untuk buah hati tercinta. Untuk naik kuda tunggang kita pun akan di dampingi dengan perawat kuda.

Pusat Primata Schmutzer adalah pusat primata yang terdapat di Kebun Binatang Ragunan yang sudah berkelas internasional serta memiliki peranan dalam konservasi primate Indonesia. Sekaligus juga sebagai jendela informasi yang dapat memberikan info mengenai berbagai hal tentang primata. Ada beragam jenis primata Indonesia di sini, antara lain adalah gorilla, simpanse, serta jenis primata dari luar negeri.

Pusat primata ini berdiri pada lahan seluas 13 hektar dengan mengusung konsep open zoo, yaitu area tempat tinggal satwa dibuat mirip dengan habitat aslinya. Icon tempat ini yang berupa orangutan dan gorilla pun menarik. Pintu gerbang bentuknya setengah lingkaran mirip kubah raksasa dengan tangga mengarah ke jembatan. Dan dari atas jembatan itulah kita bisa melihat gorilla dataran rendah.

Apabila ingin melihat orangutan secara langsung bisa lewat terowongan orangutan atau yang lebih dikenal dengan nama orangutan tunnel. Gorila yang kita lihat dari atas jembatan tadi merupakan salah satu jenis kera paling besar yang ada di dunia dengan bobot tubuh mencapai lebih dari 100 kg. Tepat Pkl. 12.00 Wib akan ada petugas yang memberi makan gorilla dan kita bisa menyaksikan secara langsung di sini.

Beberapa fasilitas pusat primata ini antara lain yaitu dapur makanan satwa, diorama satwa, perpustakaan dan fasilitas pendidikan yang memiliki ruangan teater tempat memutar film dokumenter primata berkapasitas 85 kursi. Untuk menikmati film documenter kita harus membayar tiketnya seharga Rp. 150.000,00-.

Transportasi Menuju Ragunan

Transjakarta : Koridor 6
→Kopaja S13AC menuju Grogol (lewat koridor 8,9,1).
→Kopaja P19AC menuju Tanah Abang (lewat koridor 1).
→Kopaja S602AC menuju Monas (lewat koridor 9,6,1).
→Kopaja S605A menuju Blok M.
→Kopaja S68 menuju Kampung Melayu (lewat Pasar Minggu).
→Kopaja S612 menuju Kampung Melayu (lewat Mampang).
→Metromini S77 menuju Blok M.
→Mikrolet M42 menuju Mampang.
→KWK S15A menuju TMII.
KWK S19 menuju Kebayoran Lama.

Jadwal Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan buka pada hari Selasa sampai dengan Minggu, mulai Pkl. 09:00-16:00 Wib. Untuk hari Senin, kebun binatang tutup dikarenakan hari itu adalah hari libur para satwa Taman Margasatwa Ragunan.

Tiket Masuk

Tiket masuk pengunjung dewasa dibanderol seharga Rp. 4000,00- per orang dan anak-anak seharga Rp. 3000,00- per orang.

Tarif Penitipan Kendaraan

Bus besar, mobil box besar, dan truk besar (Rp. 15.000,00- per hari).
Bus kecil, mobil box kecil, dan truk kecil, pick up besar (Rp. 12.000,00- per hari).
Mobil sedan, mini bus dan sejenisnya termasuk pick up kecil (Rp. 6000,00- per hari).
Sepeda motor serta kendaraan roda tiga (Rp. 3000,00- per hari).
Sepeda (Rp. 1000,00)- per hari).

Tarif beberapa Fasilitas di Ragunan

Unta tunggang : Rp. 7500,00-/sekali keliling.
Kuda tunggang : Rp. 5000,00-/sekali keliling.
Taman satwa anak : Rp. 2500,00-/sekali keliling.
Gajah tunggang : Rp. 7500,00-/sekali keliling.
Sepeda tunggal : Rp. 10.000,00-/orang.
Kereta keliling : Rp. 7500,00-/sekali keliling.
Sepeda ganda : Rp. 15.000,00-/orang.
Pentas satwa : Rp. 4000,00-/orang.
Kuda bendi : Rp. 10.000,00-/sekali keliling.
Taman perahu angsa : Rp. 15.000,00-/sekali keliling.
Pusat Primata Schmutzer : Rp. 6000,00- per orang (usia 3 tahun ke atas, pada hari Selasa-Jumat).
Pusat Primata Schmutzer : Rp. 7500,00- per orang (usia 3 tahun ke atas, pada hari Sabtu-Minggu dan libur).

Demikian info yang bisa Ayo Kita Rekreasi berikan mengenai destinasi wisata ke Kebun Binatang Ragunan, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengunjung yang ingin mencari tahu informasi wisata ini.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Kaos Dakwah Murah

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Tanda Pasangan Ada Niat Menikah

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan artikel. Serta jangan memasukan link hidup atau mati di dalam komentar. Info lebih lanjut hubungi kami lewat email di felly050788@gmail.com

Popular posts from this blog

Wisata Pantai Di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Pantai Di Kalimantan Timur – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Perlu kalian ketahui bahwa pesisir pantai di pulau yang terlewati garis khatulistiwa memiliki keindahan pantai tersendiri. Dan tidak dapat di pungkiri jika pantai-pantai yang terdapat di Wilayah Kalimantan Timur tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai Beras Basah, salah satu Destinasi Pantai yang ada di Wilayah Kalimantan Timur. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi akan memberikan informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang layak untuk kalian masukan ke bucket list tujuan wisata pantai di akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut : Pantai Nipah-Nipah terletak di kilometer 6 kelurahan Kelurahan Nipah-Nipah Jalan Poros Penajam dan di tepi jalan Coastal Road. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pa

Tempat Wisata Di Tegal

Destinasi Wisata Kota Di Tegal – Ayo Kita Rekreasi  kali ini ingin memberikan beberapa Destinasi Wisata Kota yang terdapat di Tegal. Berhubung Kota Tegal berada di Wilayah Pantai Utara, jadi terdapat beberapa Destinasi Pantai yang layak untuk kalian kunjungi, selain Destinasi pantai, di Kota Tegal juga terdapat wisata alam yang sangat menarik. Beberapa Destinasi Wisata Kota Tegal. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan rekomendasi tujuan wisata yang terdapat di Kota Tegal yang kini menjadi tempat populer pengunjung yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, diantaranya adalah sebagai berikut : Curug Putri Tegal merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter. Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak kalah keren dengan wisata air terjun y