Skip to main content

Wisata Pantai Di Sulawesi Selatan

Destinasi Wisata Pantai Di Sulawesi Selatan – Ayo Kita Rekreasi kembali ingin memberikan informasi mengenai Destinasi Wisata Pantai yang ada di Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai-pantai di daerah ini memiliki karakteristik tersendiri yang dapat memanjakan mata kalian serta sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Sulawesi Selatan. Disini kalian tidak akan kesusahan untuk menemukan pantai dengan pasir putih yang lembut. Beberapa pantai juga menawarkan pemandangan alam yang tenang dengan jejeran pohon kelapa serta pantai dengan tebing-tebing karangnya.
http://ayokitarekreasi.blogspot.com
Pantai Lemo-lemo, salah satu Destinasi Pantai di Sulawesi Selatan.

Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan informasi mengenai beberapa nama-nama pantai yang ada di Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, berikut ini nama-namanya :

  • Pantai Tanjung Bira terletak di Desa Bira Kecamatan Bontobahari,  tepatnya 45 Km dari Kota Bulukumba dan sekitar 250 Km dari Kota Makassar. Disini kalian akan menemukan pasir putih di spanjang pantai. Selain pasir putih yang halus, Pantai Tanjung Bira juga menyajikan pemandangan batu karang yang menambah nikmat suasana. Tetapi, keindahan Pantai Tanjung Bira belum sempurna apabila kalian tidak menikmati matahari terbenam. Tidak sampai disitu, Pantai Tanjung Bira juga menawarkan keindahan bawah laut. Kalian dapat menikmatinya dengan berenang atau snorkling ataupun menyelam. Tidak sampai disitu, wisatawan juga dapat menguji adrenalin dengan mencoba sensasi banana boat dan donuts boat yang akan melengkapi liburan kalian. Pantai ini sejak dahulu juga telah menjadi destinasi yang paling diminati wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Beragam fasilitas juga telah tersedia dengan lengkap seperti hotel, resort, villa, restoran hingga warung-warung.
  • Pantai Bara terletak tidak jauh dengan Pantai Bira yang hanya dipisahkan oleh batu karang. Tetapi, saat air surut kalian dapat berjalan kaki dari Pantai Bira menuju Pantai Bara. Pantai yang mulai populer dikalangan traveller melalui postingan media sosial ini memiliki karakteristik tidak jauh berbeda dengan partai Bira. Seperti pasir putih yang lembut. Tetapi, yang spesial di Pantai Bara, kalian akan mendapatkan sensasi tenangnya air laut dan nyiur pohon kelapa di pinggir pantai. Apalagi pantai ini tak seramai dengan Pantai Bira, jadi jika kalian mencari ketenangan, berkunjunglah ketempat ini. Jarak yang lumayan jauh membuat pantai ini jarang didatangi pengunjung. Dari Pantai Tanjung Bira kita harus menempuh jarak sekitar 5 km jalan berbatu dan hutan.
  • Pantai Lumpue berada di Kecamatan Bacukiki Barat berdekatan dengan fasilitas umum seperti masjid dan puskesmas. Di tempat ini disediakan pula rumah-rumah yang terbuat dari bambu berata nipa yang bisa disewa oleh wisatawan. Pantai ini sering dijadikan pusat rekreasi oleh masyarakat Parepare. Pantai Lumpue memiliki air laut yang bening dengan pasir pantai halus kecoklatan. Pantai ini tidak mengalami perubahan besar meskibun di tahun 1980-an pernah ditambahkan fasilitas pendukung tapi tidak mampu merubah komposisi alamnya. Lokasi ini dulunya hanya dipakai oleh orang-orang penting, namun karena gencarnya promosi akhirnya Lumpue yang semula untuk pemandian berubah menjadi wisata pantai di Sulawesi Selatan.
  • Pantai Mattirotasi terletak di Jalan Mattirotasi, Parepare ini memiliki pemandangan lepas ke arah Teluk Parepare. Pantai ini memiliki beberapa gazebo, bangku taman, lintasan jogging, batu-batu andesit berukuran besar penahan abrasi dan lapangan yang dimanfaatkan warga untuk berolahraga. Pantai Mattirotasi ramai dikunjungi warga Parepare di hari Minggu untuk berolahraga dan bersantai. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat pantai ini menjadi alternatif untuk anak muda Parepare berkumpul setiap hari.
  • Pantai Marina terletak di Dusun Korong Batu, Desa Baruga, Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng ini menjadi pintu masuk untuk menikmati pantai-pantai di Kabupaten Bulukumba. Fasilitas yang lengkap dengan standar dunia memang menjadikan Pantai Marina sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Desain dan suasana yang disajikan di Pantai ini memang berbeda dengan suasana pantai lainnya di Sulawesi Selatan.
  • Pantai Losari berada di Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Dari sejak dahulu, pantai ini telah menjadi destinasi utama para wisatawan. Kurang lengkap jika berkunjung ke kota Angin Mammiri (julukan kota Makassar) kalau tidak menyempatkan diri untuk ke pantai ini. Pantai Losari adalah salah satu dari sedikit pantai dimana wisatawan bisa menikmati matahari terbenam (sunset) dengan sempurna. Total ada tiga anjungan di Pantai Losari. Dimana, tiap-tiap anjungan menyuguhkan suasana yang berbeda. Menikmati sunset di tempat ini akan menjadi sempurna jika ditemani pula dengan Pisang Epe, makanan khas kota Makassar.
  • Pantai Barombong terletak di Kecamatan Tamalate, Makassar ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. Daya tarik pantai yang berjarak kurang lebih 12 km (40 menit) dari pusat kota ini terutama adalah pemandian alam dan olahraga airnya. Di akhir pekan, pantainya yang memiliki pasir hitam ini jadi primadona untuk dikunjungi. Daerah ini juga merupakan daerah perkampungan nelayan terbesar di Makassar. Sehingga, tempat ini juga dipenuhi oleh tempat kuliner hasil laut terbesar. Jadi, tidak ada salahnya kalau ke Makassar menikmati ikan bakar di Pantai Barombong.
  • Pantai Panrang Luhu terletak di Desa Bira, sekitar 1 Km dari Pantai Tanjung Bira. Pantai Panrang Luhu selain berpasir putih juga memiliki pemandangan indah berupa lekukan pantai yang ditumbuhi pohon kelapa sepanjang pantai. Selain itu adanya perkampungan masyarakat yang memiliki bentuk rumah dengan gaya arsitektur tradisional yang tertata rapih, semakin menambah keindahan pantai ini. Selain itu di pantai ini juga kita dapat temukan sentra pembuatan perahu tradisional Pinisi yang menjadi ikon bahari nasional.
  • Pantai Marumasa terletak di Desa Darubiah Kecamatan Bontobahari atau kurang lebih 4 km dari Pantai Tanjung Bira. Pantai ini menawarkan pasir yang putih serta air lautnya yang bening dan tenang. Yang menjadi ciri khas dari Pantai Marumasa yakni diapit oleh dua buah tanjung. Kalian dapat menaiki tanjung ini, dan menikamti keindahan Pantai Marumasa dari ketinggian. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dengan tenang, Pantai Marumasa adalah salah satu rekomndasi yang bisa kalian kunjungi di Bulukumba. Sebab, belum banyak wisatawan yang berkujung ke tempat ini.
  • Pantai Kasuso terletak di Desa Darubiah, 46 Km dari ibukota Kabupaten Bulukumba terdapat Pantai Kasuso. Untuk menuju tempat ini, kalian akan melalui jalan yang terjal serta tikungan yang tajam. Tetapi, kalian tidak akan menyesal melewati tantangan itu. Sebab, Pantai Kasuso menyimpan keindahan yang luar biasa, Pantai ini belum seterkenal pantai-pantai lainnya. Itu karena, pantai ini belum dibuka secara umum sebagai destinasi wisata. Tetapi, tidak sedikit orang yang sudah mendatangi pantai yang dibibirnya terdapat monumen batu. Warga setempat menyebut batu itu sebagai Batu Taha atau batu yang tertahan. Kalian juga dapat menemukan aktifitas para nelayan dan pada musim angin timur memperagakan keterampilan menangkap ikan terbang (tuing-tuing). Perkampungan di pantai Kasuso juga disebut sebagai kampung perempuan, karena penduduknya lebih banyak perempuannya ketimbang laki-laki.
  • Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari. Untuk mencapai lokasi Pantai Apparalang memang sedikit sulit, dengan jalan yang terjal. Tetapi, keindahan yang disuguhkan akan menghapus semua kenangan selama perjalanan. Selain keindahan tebing dan birunya laut, Apparalang juga cocok untuk wisata snorkling. Sebab, air lautnya yang jernih memudahkan anda untuk menikmati warna-warni terumbu karang serta biota laut lainnya.
  • Pantai Mandala Ria terletak di Desa Lembanna, Kecamatan Bonto Bahari atau tepatnya 11 Km dari Pantai Tanjung Bira dan 34 Km dari kota Bulukumba. Pantai Mandala Ria masih satu gugusan dengan Apparalang. Di pantai ini, mata akan dimanjakan dengan pasir putih yang eksotis dan deretan pohon kelapa. Pantai yang masih baru dibuka untuk wisatawan ini memang belum terlalu banyak yang tahu. Meskipun masih belum terlalu terkenal, tetapi Pantai Mandala Ria telah menjadi salah satu destinasi wisatawan, khususnya mereka yang suka traveling dan backpaker. Dan terdapat juga beberapa fasilitas seperti penginapan sudah tersedia. Di tempat ini pula banyak wisatawan melewatkan waktunya untuk berenang karena air lautnya yang jernih dan lautnya yang landai. Kalian juga dapat menikmati kelapa muda sambil menikmati pemandangan laut. Disini juga terdapat aliran air tawar saat terjadi surut yang lansung mengarah ke laut, yang menakjubkan air nya tidak payau. Di ujung utara pantai kita juga dapat menemukan kepiting raksasa yang tinggal di bebatuan (Besarnya hingga 50 cm). Selain pantainya yang berpasir putih, terdapat pula tempat-tempat menarik di sekitar Pantai Mandala Ria untuk dikunjungi. Salah satunya, Gua Passohara yang di dalamnya terdapat sumber mata air tawar.
  • Pantai Samboang terletak 42 Km dari ibukota Kabupaten Bulukumba, tepatnya di kelurahan Eka Tiro Kecamatan Bonto Tiro. Dan lagi-lagi masih dalam satu gugusan dengan Apparalang. Pantai Samboang menyuguhkan suasana yang berbeda dengan pantai lainnya. Pantai cocok menjadi wisata pantai dengan pasir putih yang cantik serta sangat pas untuk menikmati matahari terbit. Hamparan pasir putih yang luas menjadikan pantai ini sering dijadikan sebagai tempat untuk menggelar berbagai event, seperti festival budaya dan colour run. Fasilitas dan penginapan juga telah lengkap di Pantai Samboang.
  • Pantai Ujung terletak di bagian ujung sepanjang bibir pantai Bagian timur bulukumba, atau jajaran pinggir gugusan  Appalarang. Pantai ini memberikan Suasana ombak yang berbeda dari yang lain, bukan Karena kencang ombak dari arah angin Timur, namun keindahan batu karang di bawahnya adalah surga yang hanya ada di pantai ini. Selain itu jika beruntung dengan cuaca yang cerah, wisatawan juga bisa secara langsung melihat gugusan pulau sembilan yang berada di wilayah perairan kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.
  • Pantai Lemo-lemo terletak di Kabupaten Bulukumba. Posisinya sebelum memasuki kawasan Pantai Tanjung Bira. Pantai ini masih terbilang perawan dan belum terjamah oleh banyak tangan-tangan manusia. Jangan mencari penginapan di tempat ini, karena belum tersedia. Di tempat ini juga kalian bisa menemukan kolam air tawar di dalam gua kecil yang bisa langsung dijadikan tempat membilas diri setelah berenang di air laut. Pantai ini sangat cocok untuk berwisata alam sambil camp. Karena sepanjang bibir pantai yang berpasir putih dan halus, juga diselimuti oleh hutan yang rindang. Monyet-monyet liar juga masih banyak berkeliaran di tempat ini.
  • Pantai Pulau Liukang terletak di sebelah barat Pantai Tanjung Bira. Pulau yang dapat ditempuh kurang lebih 15 dari Tanjung Bira menggunakan kapal nelayan ataupun speed boat ini menawarkan sensasi pantai yang tidak biasa, memiliki hamparan pasir yang berwarna putih serta air laut yang berwarna biru jernih. Sekumpulan pepohonan yang hijau turut menghiasi bibir pantai. Pantai ini tidak seramai dengan pengunjung yang ada di Pantai Tanjung Bira. Selain itu, ada beberapa titik snorkling di pasir putih dan air jernih yang mungkin akan membuat kalian ketagihan dan merekam momen sebanyak mungkin dengan kamera anti air. Karena memang lokasinya cukup menggoda. Ketika merasa mulai lapar, ada sejumlah restoran yang dijalankan oleh warga yang bisa menjawab kebutuhan kalian akan makan siang khas ikan bakar dengan bumbu lokal.

Demikian informasi yang bisa Ayo Kita Rekreasi berikan mengenai Wisata Pantai yang ada di Wilayah Sulawesi Selatan, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dalam menentukan tujuan wisata pantai di akhir pekan.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Pantai Di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Pantai Di Kalimantan Timur – Ayo Kita Rekreasi kali ini ingin memberikan informasi mengenai beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Perlu kalian ketahui bahwa pesisir pantai di pulau yang terlewati garis khatulistiwa memiliki keindahan pantai tersendiri. Dan tidak dapat di pungkiri jika pantai-pantai yang terdapat di Wilayah Kalimantan Timur tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai Beras Basah, salah satu Destinasi Pantai yang ada di Wilayah Kalimantan Timur. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi akan memberikan informasi mengenai nama-nama pantai yang ada di wilayah kalimantan timur yang layak untuk kalian masukan ke bucket list tujuan wisata pantai di akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut : Pantai Nipah-Nipah terletak di kilometer 6 kelurahan Kelurahan Nipah-Nipah Jalan Poros Penajam dan di tepi jalan Coastal Road. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menetapkan pa

Tempat Wisata Di Tegal

Destinasi Wisata Kota Di Tegal – Ayo Kita Rekreasi  kali ini ingin memberikan beberapa Destinasi Wisata Kota yang terdapat di Tegal. Berhubung Kota Tegal berada di Wilayah Pantai Utara, jadi terdapat beberapa Destinasi Pantai yang layak untuk kalian kunjungi, selain Destinasi pantai, di Kota Tegal juga terdapat wisata alam yang sangat menarik. Beberapa Destinasi Wisata Kota Tegal. Berikut ini Ayo Kita Rekreasi ingin memberikan rekomendasi tujuan wisata yang terdapat di Kota Tegal yang kini menjadi tempat populer pengunjung yang tinggal di Kota Tegal dan sekitarnya, diantaranya adalah sebagai berikut : Curug Putri Tegal merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter. Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak kalah keren dengan wisata air terjun y

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

Kebun Raya Ragunan — Ayo Kita Rekreasi kembali ingin memberikan informasi tentang destinasi wisata yang terdapat di daerah Jakarta. Kebun Binatang Ragunan, berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menempati tanah seluas 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan mempunyai banyak koleksi satwa. Setidaknya ada 295 spesies dengan 4040 spesimen. LOKASI DI KEBUN BINATANG RAGUNAN Apa saja yang ada di kebun binatang ragunan ? Berikut ini Ayo Kita Rekreasi beritahukan tentang apa saja yang ada di lokasi wisata kebun binatang ragunan : Taman Refleksi Tak banyak orang yang tahu bahwa di Kebun Binatang Ragunan terdapat satu jenis fasilitas atau tempat yang memang khusus disediakan untuk refleksi. Namanya adalah Taman Refleksi. Taman ini terletak di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Taman Refleksi berbentuk sebuah taman yang memiliki batu-batuan yang memang dirancang khusus untuk refleksi. Ingin ke Taman Refleksi paling pas dikunjungi pada pagi atau sore hari. Para pengunjung